Membuat Kaos Custom Dengan Roland BN20

Posted by Ronita 31/05/2017 0 Comment(s) Sablon Digital,

Membuat kaos custom di era digital seperti sekarang sudah tidak sulit lagi, banyak metode sablon digital yang bisa kita pilih untuk membuat kaos custom. Ada transfer paper, ada DTG, ada sublimasi dan ada juga yang pakai screen printing dengan kombinasi digitalnya. Nah kali ini kita akan coba bikin artikel bagaimana membuat kaos custom menggunakan printer roland BN20 karena salah satu keunggulan printer roland BN20 memang untuk membuat sablon kaos digital secara satuan dan spesial. Kita harus bisa memanfaatkan warna metallic yang dimiliki BN20 agar hasil sablon kaos kita tidak bisa disamain dengan metode lainnya. 

 

Jika kita mampu membuat design yang unik dan menarik pasti kita akan mampu membuka distro kaos yang sangat beda dengan distro-distro yang sudah ada selama ini. Berikut adalah contoh distro ronita yang mengambil konsep sablon digital dengan warna stabilo dan warna metallic khas roland BN20.

 

 

Oke sob mari kita bahas bagaimana cara membuat kaos custom dengan ROLAND BN20 ala ronita, kita bahas satu per satu ya.
 

Peralatan yang dibutuhkan : Pasti butuh mesin Roland BN20 dan komputer atau laptop (terserah mau pakai yang mana) serta mesin press

Bahan yang dibutuhkan : Transfer paper berkualitas, masking dan kaos polos (gunakan kaos polos yang bagus biar mantap)


Prosesnya sebagai berikut :

  1. Design dulu gambar yang ingin kita sablon, usahakan dalam bentuk vektor agar bisa pecah warna dengan baik, jika harus ada photo atau design bitmap maka aturlah tidak terlalu ngeblok karena sablon menggunakan transfer paper kalo terlalu ngeblok kurang enak dipakai.
     
  2. Jika design sudah siap maka print dan cutting di BN20, ingat sob BN20 itu bisa print dan cutting sekaligus sehingga kalo kamu belum punya mesin cutting terpisah masih bisa kok pakai BN20. Akan tetapi kalo ada dananya mending kamu beli aja mesin cutting terpisah agar proses kerja bisa lebih cepat dan tentunya makin banyak opsi produk yang bisa dikembangkan.
     
  3. Setelah print & cut selesai maka tugas selanjutnya adalah weeding atau membuang bagian yang tidak kita inginkan sehingga tertinggal bagian yang akan di sablon saja. Proses ini bisa cepat bisa lambat tergantung keahlian dan tingkat kerumitan cutting yang sudah kita buat sebelumnya. Usahakan untuk membuat yang simple tapi keren seperti punya ronita he he he (butuh waktu tentunya).


    Contoh transfer paper yang sudah dibuang bagian tidak perlu atau bagian yang tidak ingin kita sablon
     
  4. Jika semua sudah siap maka masking transfer paper tadi dan press ke kaos polos yang sudah disiapkan
     
  5. Jadilah kaos custom keren dan menarik
     

 

Untuk melihat bagaimana bagusnya warna sablon kaos ini maka anda harus melihat videonya, di kaos ini kita bermain dengan tinta metallic dan warna stabilo. Warna metallic kita hasilkan dari tinta roland BN20 sedangkan untuk warna stabilo kami hasilkan dari transfer paper stabilo produksi ronita. Jika anda ingin melihat lebih jauh tentang transfer paper stabilo produksi kami silakan cek disini. Yuk lihat hasil detilnya di link youtube ronita berikut :

 

Leave a Comment