Stiker Apa Yang Cocok Untuk Kebutuhan Saya?

Posted by Ronita 07/02/2017 0 Comment(s) Printing Digital,

Stiker adalah media cetak yang salah satu sisinya terdapat lem sebagai perekat sehingga mudah ditempelkan ke aneka media yang ingin kita inginkan.

Jadi kelebihan stiker dibandingkan media lain adalah kemudahan untuk menempelkannya, jika media lain harus dikasih selotip atau doble tape maka stiker tinggal buka pelindung lemnya dan tempel sesuai kebuthan kita. Stiker sendiri banyak sekali jenisnya dan kegunaannya sehingga bagi yang awam suka bingung harus pilih stiker yang mana.

Untuk itulah di artikel berikut ini kita akan membuat artikel tentang jenis dan kegunaan stiker sehingga anda bisa mencocokkan stiker mana yang sesuai kebutuhan anda. Untuk lebih enak memahami penjelasan ini anda bisa juga membaca terlebih dahulu artikel kami tentang sticker disini STICKER DIGITAL

Oke kita bahas yuk sobat ronita....

 

Jenis Sticker Berdasarkan Bahan
Pahami dulu bahan sticker agar sesuai dengan kebutuhan anda, berikut jenis bahan sticker yang paling umum dipakai dan ronita sediakan bahannya di toko :

  1. Sticker HVS atau sticker kertas, dari namanya tentu kita sudah tahu kalo stiker ini sama seperti kertas hvs tetapi sudah ada lemnya. Pemakaian biasanya untuk label indoor yang tidak terkena air dan sinar matahari, biasanya bisa dicetak dengan printer desktop, printer laser, sablon maupun offset. RONIta belum menjual sticker hvs untuk saat ini, jadi belum bisa dipesan
     
  2. Sticker kromo, merupakan stiker kertas juga tetapi kertasnya sudah dicoating sehingga lebih kilap dan glossy dibandingkan kertas hvs biasa. Fungsinya dan ketahanannya pun sama seperti kertas hvs, kebanyakan untuk label produk pemakaian indoor (tidak bisa kena air). Untuk saat ini ronita belum menjual produk stiker ini.
     
  3. Sticker Vinyl, merupakan stiker yang terbuat dari bahan plastik anti air dan tidak mudah sobek. Stiker vinyl adalah bahan stiker yang harus anda pakai jika ingin membuat stiker tahan air dan tidak mudah sobek. Untuk mendapatkan stiker vinyl yang tahan sinar matahari maka proses cetaknya harus menggunakan tinta tahan matahari seperti tinta ecosolvent, uv, latex, solvent dan toner. Jika anda mencetak menggunakan metode sablon atau offset sebaiknya tanyakan terlebih dahulu apakah tinta mereka tahan sinar uv atau tidak. RONIta Digital Printing menyediakan layanan cetak stiker vinyl dengan tinta ecosolvent yang tahan air dan sinar matahari. Jadi kalo anda memesan sticker vinyl di ronita berarti sudah tahan air dan sinar matahari. Sticker vinyl ini ada banyak gradenya nanti akan kita bahas lebih lanjut di bawah ya. Sticker vinyl ini sangat cocok untuk label, sticker promosi mobil, stiker motor, sticker dinding, sticker kaca dan banyak lagi pemakaiannya sesuai kreatifitas kita.
     
  4. Stiker Vinyl Transparan, merupakan stiker transparan yang terbuat dari vinyl. Stiker ini sama seperti stiker vinyl tapi sifatnya bening, dia sudah tahan air dan sinar matahari jika dicetak menggunakan tinta yang tahan sinar matahari. Untuk mencetak stiker transparan ini ada dua metode yaitu menggunakan tinta putih dan tidak. Jika tidak menggunakan tinta putih berarti ketika ditempel gambar akan sedikit samar-samar terlihat atau nerawang, jika memakai tinta putih maka warna akan lebih solid tetapi bagian yang tidak kena tinta akan tetap bening atau transparan. Stiker vinyl transparan biasanya dipakai untuk jendela toko atau mall, bisa juga untuk perkantoran yang sekat ruangannya pakai kaca. Jika untuk label biasanya dipakai untuk gelas-gelas bening atau botol bening.
     
  5. Stiker One Way Vision atau Stiker Perforasi, yaitu stiker vinyl yang bentuknya bolong-bolong atau berlubang. Stiker one way vision ini lebih banyak dipakai untuk advertising bukan label, pemasangannya untuk kaca mobil, kaca kantor atau toko atau mall. Sifat stiker ini hanya bisa melihat dari satu sisi saja, jadi dari bagian depan atau yang bagian tercetak akan nampak gambar yang dicetak dan dari bagian belakang akan bisa melihat secara sempurna (mirip kaya kaca riben bro kalo susah bayangin).
     
  6. Stiker bahan khusus, nah stiker bahan khusus ini biasanya memakai bahan yang sifatnya khusus baik secara bentuk maupun warna (biasanya sih karena warna) contoh warna metallic, hologram, reflective, stabilo dan sebagainya. RONIta Digital Printing menyediakan bahan-bahan tersebut tetapi ada minimal order sehingga anda perlu kontak kami kalo mau pesan bahan khusus ini.

Apakah ada jenis bahan stiker lainnya? ada banyak misal stiker plastik pp yang tahan panas tetapi tidak lentur, stiker yupo atau sintetis yang merupakan stiker label premium dan sebagainya. Jika anda ingin membawa bahan sendiri juga bisa nanti ronita akan melakukan testing dulu untuk bahan anda tersebut.

 

Jenis Stiker Berdasarkan Proses Cetak / Tinta nya
Selain memahai bahan stiker maka kita harus memahami tinta atau proses cetak stiker agar menghasilkan stiker yang sesuai kebutuhan kita. Jangan sampai salah bahan dan tinta karena kalo salah tidak akan ada gunanya, semisal stiker kromo walau dicetak pakai tinta uv tetap aja tidak akan jadi stiker yang tahan air tetapi dia akan tahan sinar matahari. Karena itulah perlu kita jelaskan disini agar anda benar-benar tepat memilih stikernya. Berikut adalah jenis stiker berdasarkan proses cetak atau tintanya :

  1. Stiker Indoor, stiker indoor biasanya dipakai untuk aplikasi dalam ruang yang tidak terkena sinar matahari. Untuk menetak stiker ini bisa menggunakan tinta dye, toner dan solvent, artinya apapun tintanya tidak terlalu masalah jika memang stiker untuk indoor. 
     
  2. Stiker Outdoor, stiker yang ditujukan untuk pemakaian luar ruang, harus tahan air dan sinar matahari, untuk itu bahan dan tintanya harus tahan air dan sinar matahari. Tinta yang bisa dipakai adalah tinta solvent, ecosolvent, uv, latex dan toner. Untuk metodenya bisa apa saja baik digital atau offset atau sablon bisa semua asal tintanya jenis outdoor.
     
  3. Sticker indoor outdoor, stiker yang bisa dipakai di indoor dan outdoor dengan kualitas cetak sempurna. Stiker jenis ini biasanya dicetak menggunakan printer large format seperti roland, mimaki, mutoh, epson, HP dan sejenisnya. Dimana hasil cetak stiker sangat lembut seperti printer indoor tetapi tintanya sudah tahan air dan sinar matahari. Stiker ini paling banyak dipakai baik untuk label, motor, mobil, advertising dan sebagainya karena lebih simple dan tidak merepotkan.

Oke dari kedua hal di atas harusnya anda semakin mudah menentukan stiker mana yang cocok dengan kebutuhan anda. Jika tidak ingin bingung maka pakai saja stiker vinyl indoor outdoor yang artinya bisa dipakai dimana saja tanpa takut rusak kena air atau sinar matahari.

 

Akan tetapi apakah cukup sampai disini? Iya cukup jika stiker yang anda butuhkan adalah stiker label, stiker promosi, sticker kaca dan sticker advertising lainnya. Akan tetapi jika anda membutuhkan informasi tentang stiker untuk mobil, motor dan branding maka anda harus membaca artikel lanjutan tentang stiker vinyl di blog ronita.

Leave a Comment