Mengenal Tinta Metallic dan Cetakan Metallic

Posted by Ronita 03/12/2017 0 Comment(s) Sablon Digital,Otomotif Digital,Printing Digital,

Sebelum membahas lebih lanjut maka kita batasi dulu bahasan kita hanya untuk large format printing inkjet, jadi kita tidak akan membahas tinta metallic di offset, digital offset A3 dan atau tinta metallic pengecatan.

 

Tinta metallic adalah tinta yang memiliki efek mengkilap seperti metal atau logam dan berwarna silver, tinta metallic biasa dipakai di industri otomotif atau di cetakan sebagai warna khusus sehingga memberi kesan yang spesial untuk hasil cetakan tersebut. Tinta silver metallic tidak bisa dihasilkan dari campuran warna CMYK atau RGB, dia harus ada slotnya sendiri sehingga hanya printer dengan slot tinta khusus metallic silver lah yang bisa mencetak warna-warna metallic. Jadi jika printer large format anda tidak ada tinta metallicnya maka sampe kapanpun tidak akan bisa mengeluarkan tinta silver metallic.

 

Oke, sampe disini harusnya anda paham bahwa printer yang bisa cetak tinta metallic hanya printer yang dilengkapi dengan tinta khusus / spot color metallic silver.

 

Dari tinta silver metallic itu kita bisa membuat warna-warna metallic seperti merah metallic, hijau metallic, pink metallic dan sebagainya dengan cara menjadikan warna silver metallic sebagai under base warna merah, hijau dan pink atau warna sesuai keinginan kita. Akan tetapi anda perlu ingat bahwa percampuran ini akan bersifat gelap. merah metallic biasanya lebih gelap dari merah biasa, hijau metallic akan lebih gelap dari hijau biasa. Untuk itu dibutuhkan sebuah panduan warna jika anda ingin bermain warna metallic menggunakan tinta silver metallic sebagai under base. RONIta menyediakan jasa pembuatan pallet warna metallic jika anda membutuhkannya.

 

 

Sedangkan cetakan metallic adalah hasil cetak yang menggunakan efek metallic baik itu dari segi tinta dan atau dari segi bahan. Jadi jika anda menginginkan hasil cetakan yang mengandung efek metallic maka ada dua cara yang bisa ditempuh yaitu sebagai berikut :
 

  1. Memakai tinta metallic, butuh printer dengan tinta metallic. Kelebihan menggunakan tinta metallic maka kita bisa menggunakan warna bahan berdasar putih atau hitam sesuai kebutuhan kita dan kita bisa mengatur di bagian mana saja warna metallic kita semprotkan sesuai keinginan kita.
     
  2. Memakai bahan bersifat metallic, bisa pakai printer CMYK biasa. Akan tetapi metode ini memiliki kelemahan bahwa semua warna akan berubah menjadi metallic dan jika kita tidak memiliki tinta putih maka semua warna putih berubah menjadi silver metallic.

 

Mana yang lebih murah? metode pertama atau kedua? Kalo cetakan memang ingin dibuat metallic semua maka metode kedua lebih murah, akan tetapi jika kita hanya ingin memakai warna metallic di beberapa spot saja maka metode pertama lebih murah. Mana yang lebih bagus? sama bagusnya asal konsep cetakan kita tepat dan memiliki design yang bagus, misal untuk photograpy bagus menggunakan dasar metallic semua jika kita ingin konsep metallized. Akan tetapi jika untuk iklan atau label maka pemakaian tinta metalic silver secara spot lebih menarik dan eye catching.

 

Memakai tinta metallic silver sebagai tinta khusus atau spot color tidaklah mudah, butuh file khusus yang terdiri dari 2 layer yaitu layer metallic dan layer color cmyk. Pemakaian layer metallic itu sendiri bisa sebagai under base, top coat dan atau warna masukan. Under base artinya warna silver metallic sebagai warna dasar dari warna CMYK. Top coat artinya warna metallic menumpang di atas warna CMYK dan warna masukan artinya warna metallic dan warna CMYK berjejer manis tanpa saling menimpa. Ketida metode itu akan menghasilkan warna yang bagus tetapi perlu diingat bahwa filenya membutuhkan persiapan khusus. Jangan sampe salah file karena kalo salah file maka tinta metallic silver tidak akan keluar atau malah menghasilkan warna aneh. Silakan perhatikan video di bawah ini tentang pemakaian warna silver metallic di sebuah design baik sebagai under base dan masukan warna

 

 

Bagaimana Aplikasi Tinta Metallic Untuk Large Format Printing?

 

Aplikasi tinta metallic silver sangat banyak tergantung kemampuan kita membuat filenya, sekali lagi kami tekankan tergantung apakah kita bisa membuat filenya tau tidak, bisa membuat designnya atau tidak. Banyak sekali pemain printing di Indonesia yang memiliki printer dengan slot tinta metallic tapi akhirnya dikosongin karena mereka tidak tahu bagaimana membuat file yang baik dengan tinta metallic ini. Untuk itulah persiapkan diri anda jika benar-benar ingin menfaatkan tinta metallic silver sebagai salah satu keunggulan di dalam produk kita.

 

Aplikasi tinta metallic sangat luas, untuk dunia label bisa, untuk cover buku bisa, untuk sablon kaos atau mug bisa, untuk dunia otomotif malah sangat-sangat penting, berikut ini beberapa contoh yang bisa kami tunjukkan aplikasi tinta metallic yang telah ronita kembangkan.

 

1. Print Kaligraphy --> Dengan warna metallic silver menjadi lebih menarik dan keren

 

2. Sticker Decal Dengan Warna Silver dan Gold

 

3. Mug Dengan Tinta Metallic

 

Mug ini kita cetak menggunakan water slide decal di printer ROLAND BN20 yang mana printer ini memang ada slot tinta metalicnya. Jadi warna metallic yang terlihat di mug itu adalah hasil cetak tinta BN20, bagi anda yang tertarik untuk membuat usaha berbasis printer BN20 bisa baca artikelnya disini.
 

4. Helm Dengan Tinta Silver Metallic


Ini adalah helm yang spesial dan kami pun juga mencetaknya menggunakan tinta metallic, dan helm ini boleh disebut juga hasil cetakan metallic. Anda bisa lihat videonya disini jika ingin lihat lebih detail 

 

 

5. Sticker Label Transparan Menggunakan Tinta Metallic

Sticker label ini kami cetak menggunakan tinta metallic yang tentu hasilnya lebih menarik dibandingkan cetak warna biasa, dengan begini maka anda bisa membuat label premium yang berkelas.

 

Leave a Comment