Cara Membuat Sticker Timbul Resin

Posted by Ronita 25/01/2017 2 Comment(s) Printing Digital,

Sticker timbul resin atau dome sticker adalah sticker print & cut yang kemudian diberi resin agar memiliki efek 3D dan glossy.

 

Sticker timbul resin banyak digunakan untuk sticker logo, sticker merk, sticker souvenir, sticker tankpad motor, emblem motor atau mobil, gantungan kunci dan aneka souvenir kreatif.

 

Resin yang dipakai untuk membuat sticker resin adalah resin sintetis yang terdiri dari cairan resin dan hardener.

 

Jadi untuk membuat sticker timbul resin kita memakai resin sintetis yang terdiri dari dua cairan yaitu resin dan hardener. Jenis resin sintetis ada dua yaitu :

  1. Resin Indoor, artinya untuk pemakaian indoor dan biasanya akan cepat menguning jika terkena sinar uv
  2. Resin Outdoor, artinya bisa dipakai untuk indoor dan outdoor karena dia lebih tahan sinar uv dan tidak menguning

Jika dilihat dari sifat kekerasan atau kelenturan resin dibagi menjadi dua juga yaitu :

  1. Resin Soft, hasil resinnya bersifat lentur sehingga mampu mengikuti bentuk benda yang tidak datar. Akan tetapi tetap tidak bisa ekstrim ya, jangan dikira seperti sticker tanpa resin. Yang banyak dipakai untuk sticker timbul resin adalah jenis soft karena bisa menempel di aneka media yang tidak selalu datar
  2. Resin Hard, hasil resinnya bersifat keras dan kalo ditekuk akan patah. Jenis resin hard ini cocok untung membuat gantungan kunci, gantungan kalung dan aneka souvenir lainnya.
So bisa disimpulkan jika kita pemain printing dan ingin menambah produk sticker timbul maka yang harus kita pilih adalah resin outdoor dengan sifat soft atau lentur.

 

Berikut ini kita jabarkan cara membuat sticker timbul resin dome sticker ala ronita ya sob.

 

PERSIAPAN FILE STICKER TIMBUL RESIN

  1. Disarankan membuat file menggunakan program berbasis vektor seperti corel atau ilustrator. Anda bisa memakai photoshop atau software lain akan tetapi perlu diingat bahwa nantinya hasil editing itu harus dibawa ke corel atai ilustrator untuk digabungkan dengan pola potongnya. Jangan lupa format file selalu CMYK agar compatible dengan berbagai jenis printer.
     
  2. Jangan lupa membuat pola potong atau pola cutting sesuai dengan design yang sudah kita buat. Pola cutting bisa berbentuk aneka macam bentuk seperti bulat, kotak, oval, rumit dan sebagainya. Akan tetapi satu hal yang harus anda ingat yaitu jangan membuat ujungnya lancip tetapi harus dibuat rounded agar resin yang nanti dituang bisa merata dengan baik. Sekali lagi jangan dibuat ujungnya lancip ya sob, harus ada roundednya.

    Pola cutting ini harus vektor, tidak boleh ditawar karena mesin cutting hanya mendetek format vektor, dan pola cutting ini harus digabungkan dengan design dalam satu layout.
     
  3. Jika design dan pola potong sudah siap maka kita harus membuat layout cetak di dalam software corel atau ilustrator. Layout cetak ini ukurannya kalo di ronita adalah 32x48 cm, layout cetak ini tujuannya memudahkan proses cetak sehingga tidak harus mencetak satu per satu stickernya. Selain itu dengan membuat layout ukuran A3 akan memudahkan proses penuangan resin nantinya.
     
  4. Jika layout sudah siap maka urusan file sudah selesai dan masuk ke proses cetak serta pemotongan sticker.


Contoh Layout File Sticker Timbul Yang Sudah Siap Cetak Lengkap Dengan Pola Potong (Garis Line Warna Hijau)

 

PROSES PRINT & CUT STICKER

  1. File yang sudah di layout tadi kita cetak menggunakan printer sesuai dengan printer yang kita punya. Kalo di RONIta printernya menggunakan printer uv atau ecosolvent, alasannya printer uv dan ecosolvent memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap sinar uv dan tentunya tahan terhadap resin itu sendiri. Banyak tinta printer yang mbleber ketika terkena resin sehingga tidak cocok untuk dijadikan pilihan.

    Kami merekomendasikan printer uv jika ingin bermain sticker timbul di aneka media sticker mulai dari vinyl sampe poliester bisa.



    Selain printer uv, kita juga bisa menggunakan printer ecosolvent semisal EPSON S80 atau ROLAND BN20. Epson S80 untuk produksi lebih besar dan BN20 sangat cocok untuk pemula.
     
  2. Setelah sticker dicetak maka langkah selanjutnya adalah memotong sesuai pola potongnya. Proses pemotongan menggunakan cutting plotter yang sudah dilengkapi sensor optic sehingga mampu memotong pola sticker secara presisi sesuai designnya. Ingat sekali lagi, gunakan pola potong yang ujungnya rounded atau tidak lancip agar hasil resinnya bagus.
     

PROSES RESIN & PENGERINGAN

  1. Setelah proses cetak dan cutting sticker selesai maka langkah selanjutnya adalah menuangkan resin ke permukaan sticker. Proses penuangan sendiri ada berbagai teknik mulai dari manual sampe otomatis, disini kita bahas cara manual saja karena untuk yang otomatis biasanya untuk kelas industri atau massal.
     
  2. Sebelum anda menuangkan resin maka pastikan resin yang anda pakai sudah benar, RONIta menjual bahan resinnya dalam kemasan 100 ml bagi anda yang ingin berlatih atau mencoba membuat sticker resin sendiri.


     
  3. Yang harus disiapkan untuk proses resin ini adalah sebagai berikut :
    -  Takaran untuk mencampur resin dan hardener, campuran resin dan hardener biasanya menggunakan takaran 2:1 yaitu dua untuk resin dan satu untuk hardener
    - Botol untuk menaruh hasil campuran resin dan hardener termasuk nanti untuk menuangkan resin ke stickernya
    - Meja datar untuk meletakkan sticker yang akan dituangin resin, pastikan mejanya datar dan tidak miring sama sekali
    - Lampu infra red untuk membantu proses pengeringan jika ada, jika tidak ada juga gak pa pa sih
     
  4. Untuk menuangkan resin perhatikan video di bawah ini



    Bisa juga lihat di video berikut sob


     
  5. Untuk proses pengeringan umumnya selama 2 jam, akan tetapi jika kita memakai oven bisa lebih cepat tetapi sayangnya resin yang bisa di oven harganya mahal dan membutuhkan alat pengaduk khusus.
     
  6. Jika sudah kering maka untuk menjaga sticker resin tetap bagus dan awet bagusnya dipacking dengan baik menggunakan plastik agar kedap udara.
     

Setelah pengeringan 24 jam, resin akan mengeras dan sticker timbul resin 3D pun akan jadi dengan begitu indahnya.

 

   


Dengan Menggunakan Bahan Sticker Khusus Kita Bisa membuat Sticker Timbul Yang Menarik

 

Bagaimana sobat RONIta, gampang kan cara membuat sticker timbul resin. Jika kamu ingin membuat sticker timbul resin tetapi belum memiliki mesin atau malas untuk mengerjakannya sendiri maka kamu bisa order ke RONIta. Berikut link order online sticker resin di ronita : http://www.ronitadp.com/Sticker-Digital/Sticker-Resin

 

 

 

 

2 Comment(s)

Ifan:
15/08/2017, 10:22:45 AM
Reply

Gan, kalau mau pesan sudah jadi, Bisa?

Ronita Digital Printing:
02/04/2018, 12:25:00 AM

yg sudah jadi kita belum ada mas..kebanyakan masih custom

Budi:
17/02/2018, 03:58:07 PM
Reply

Gan lo mo pesen gimna? Ada nomer WA apa nggak

Ronita Digital Printing:
02/04/2018, 12:27:02 AM

RONIta Digital Printing Jl. Raya Buaran Viktor-BSD Gang Mawar No 121 Desa Buaran Gardu, Kecamatan Serpong Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten, Indonesia Kode Pos 15310 Phone : 021-75671566 SMS/WA : 081210987567 (Irfan) 087808286804 (Asih) 083873421717(Dian) 08896563737 (Nia) Email : ronita.dp@gmail.com

Leave a Comment