Hasil Pengecatan Motor Satria Suzuki Oleh RONIta

Posted by Ronita 23/05/2017 0 Comment(s) Otomotif Digital,

Modifikasi warna motor adalah salah satu cara terbaik untuk membuat tampilan motor kita lebih menarik sesuai dengan keinginan hati. Seorang rider sejati pasti menginginkan sebuah tunggangan yang beda dengan lainnya, tidak pasaran dan ketika dipakai di jalan akan membuat siapa saja melihatnya. Sebuah sensasi yang tidak akan bisa diungkapkan dengan berbait puisi atau kata, sensasi yang harus anda coba sendiri jika ingin merasakannya. Di dunia yang semakin modern ini urusan merubah warna motor tidak sulit dan susah lagi, sudah tersedia aneka metode yang bisa kita pilih sesuai dengan kemampuan kita. Mulai dari yang bersifat non-permanen seperti penggunaan sticker decal full body sampai yang bersifat permanen seperti pengecatan digital bisa anda pilih sesukanya. Untuk yang suka menggunakan sticker decal full body maka bisa baca info detilnya disini.

 

Dalam artikel ini kami ingin mengulas tentang pengecatan digital yaitu sistem pengecatan menggunakan transfer paper water slide decal yang dicetak menggunakan printer digital roland. Motor yang kami jadikan obyek untuk di cat menggunakan metode ini adalah SUZUKI SATRIA FU 2015, sebuah motor yang sangat legendaris di kalangan biker indonesia. Untuk motifnya kami memilih rossi karena sang pemilik ingin memakai motif rossi dan yang dipilih adalah rossi hiu dari helm rossi ketika tampil di misano 2016. Proses pengecatannya sama seperti dengan pengecatan motor secara umum, hanya saja untuk grafisnya kami cetak di bahan transfer paper water slide decal yang kemudian di tempel di body motor yang sudah di cat warna dasar terlebih dahulu. Informasi detil tentang metode pengecatan digital ronita ini bisa anda baca disini.

 

hasil pengecatan motor

 

Okey sobat ronita, inilah tampilan motor suzuki satria ful yang telah kami cat dengan motif rossi hiu. Jika mengambil tema rossi pasti kita tidak akan bisa lepas dari warna kuning stabilo sehingga warna ini kami jadikan warna dominan sehingga efek eye catching pun langsung muncul ketika motor ini melintas. Karena STNK motor adalah putih maka kami juga memainkan warna putih agar kalo nanti ditanyain pak polisi kita masih jelaskan bahwa warna putih sesuai stnk masih ada, akan tetapi jika ingin lebih aman kami bisa membuatkan keterangan perubahan warna yang nanti bisa agan bawa ke samsat untuk meminta surat keterangan ataupun rubah stnk (modifikasi yang aman ya kudu siap biaya ini tapi kalo ndak ya jangan marah kalo disentil pak pol he he he, hobby memang mahal kan ya). Warna biru tentu berasal dari warna design rossi hiu yang memang dominan biru. Warna biru yang kami pakai adalah warna biru stabillo tetapi dicampur dengan warna biru metallic, sehingga hasilnya bener-bener biru laut yang menenangkan. Proses aduk warna ini sama seperti proses aduk warna untuk cat mobil dan sebagainya. Oke sampe disini kami harap sobat ronita paham warna dasar yang kita cat di motor tersebut adalah putih, biru dan kuning stabilo di bagian velg, behel, tutup mesin dan tutuk shock.

 

Selanjutnya untuk gambar ikan nemo, hiu, warna hitam, logo monster energy, efek carbon kami gunakan transfer water slide decal ronita. Water slide decal ini awalnya polos kemudian kita cetak dengan motif-motif tadi sob, yang ikan ya gambar ikan, yang hiu ya hiu, carbon ya carbon dan begitu seterusnya. Proses pemasangannya menggunakan air seperti layaknya pabrik helm sob karena metode ini memang kami ambil dari metode pabrik helm. Jadi kamu perlu tahu bahwa seluruh pabrik helm di dunia seperti arai, shoei, kyt, ink, agv dan lainnya memakai metode ini untuk mengecat helm-helmnya. Jadi helm yang kamu pakai atau temui sehari-hari adalah hasil pengecatan menggunakan water slide decal seperti yang ronita pakai selama ini. Berikut photo saat prosesnya ya, jangan heran cengan bak bayinya ya he hehe.

 

 

Disini kamu bisa melihat bahwa prosesnya sama kan seperti pengecatan motor standar ataupun air brush. Body kita lepas semua, bagian-bagian part yang mau di cat juga dilepas dan kita epoxy juga sama seperti proses pengecatan biasa atau air brush. Nah bedanya kalo di air brush atau pengecatan bisa untuk menghasilkan grafis atau gambarnya (grafis garis2 item, gambar ikan nemo, ikan hiu dsb) langsung di cat atau di brush di body dengan bantuan lakban, istilhanya buka tutup lakban. Tetapi kalo di ronita tidak begitu bro, gambar-gambar tadi dicetak pakai mesin secara otomatis yang sebelumnya sudah di design dulu di komputer. Jadi canggih kan metode pengecatan ronita, pakai komputer dan printer segala bro. Hal ini untuk memastikan bahwa hasil akan lebih presisi dan mulus dibandingkan metode konvensional. Oke sampe sini harusnya kamu ngerti bahwa mengecat motor dengan metode ini tidak gampang, tidak asal tempel seperti yang dituduhkan banyak orang he he he.

 

Berikut kita tampilkan preview design sebelum proses pengecatan di mulai :

 

 

Tampilan preview juga merupakan salah satu indikator bahwa ronita tidak setengah-setengah dengan jasa catnya. Preview ini akan membantu konsumen dan ronita sepakat dengan pekerjaan tanpa perlu mengawang-awang saja. Konsumen juga lebih enak membayangkan bagaimana hasilnya nanti dan bagi ronita ada panduan yang jelas untuk mengerjakannya sehingga tidak was-was salah. So kalo kamu ngecat di ronita maka kami akan tampilkan preview design yang kamu inginkan seperti ini terlebih dahulu sebelum semua proses berlanjut.

 

Setelah semua proses di atas kelar maka langkah selanjutnya adalah vernish dan poles seperti umumnya bengkel profesional. Kalo bicara bengkel cat profesional di belahan bumi manapun pasti abis vernish akan melakukan poles agar hasil pengecatannya matang dengan sempurna dan hasil akan sangat kinclong seperti yang kamu lihat di dealer atau toko motor. Jadi pengecatan motor ronita ini sudah menganut sistem otomotif sob bukan asal cat yang kadang tidak memiliki standar yang jelas. Bagi kamu yang sekarang punya usaha pengecatan atau usaha digital printing dan tertarik untuk menekuni usaha seperti ronita ini bisa baca artikelnya disini bro, peluang usaha pengecatan digital

 

Ketika semua proses sudah selesai maka motor pun siap untuk dipakai atau kalo mau diikutkan pameran pasti juga bisa. Berikut adalah foto hasilnya sob :

           

 

Bagian jok kami buat dengan cara mencetak langsung di printer large format karena ronita memang bisa cetak di media kulit sintetis yang biasa dipakai untuk jok motor. Layanan jok motor ini kami gabung atau hanya bisa dipesan jika kamu ngecat motor sekalian di ronita. Kalo mau cetak tanpa ngecat maka kamu harus bawa bahan sendiri dan nanti kita tes dulu bahannya bisa atau tidak. Yang jelas warna bahan yang putih ya biar enak nyetaknya. 

 

Jasa pengecatan ini tidak harus selalu full motor, anda bisa juga hanya mengecat velg saja, body saja atau bisa juga hanya ngecat bagian-bagian tertentu yang anda inginkan. Untuk info lebih detilnya bisa kontak kami atau datang langsung ke workshop ronita sob. Pengecatan full motor seperti ini biasanya membutuhkan waktu 2-3 minggu di luar design dan untuk harga tergantung tingkat kesulitannya. Jika seperti contoh ini membutuhkan biaya di kisaran 4jt di luar towing motor dan bongkar mesin jika ada bagian mesin yang harus di cat. Jika ingin sekalian rangka maka urusan bongkar pasang mesin harus disediakan oleh konsumen dan semua biaya yang timbul ditanggung oleh konsumen sendiri. Ya intinya biar lebih detil sebaiknya kita ketemuan di workshop sehingga diskusi pengecatannya lebih enak.

 

Foto mungkin masih kurang detil bagi sobat ronita untuk melihat hasil pengecatan motor ini, untuk itu kami pun sudah sediakan videonya agar lebih puas mengecek hasil pengecatan motor ronita itu seperti apa, cek disini sob :

 

 

RONIta Digital Printing
Jl. Raya Buaran Viktor-BSD 
Gang Mawar No 121
Desa Buaran Gardu, Kecamatan Serpong
Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten, Indonesia
Kode Pos 15310 
Phone/wa : 081210987567 (Irfan) 087808286804 (Ain) 08896563737 (Nia) 081282572628 (Imam) +6283871845654 (Kinong Jauhari)
Email : ronita.dp@gmail.com Website : www.ronitadp.com

 

Leave a Comment