Kisah RONIta Digital Printing Bersama Printer ROLAND

Posted by Ronita 05/09/2016 0 Comment(s)

Usaha digital printing large format adalah usaha percetakan digital dengan ukuran cetak kecil sampai menengah, yaitu mulai lebar 20 cm sampe 150 cm. Usaha digital printing large format merupakan salah satu jenis usaha yang bisa kita pilih ketika terjun di dunia usaha digital printing karena masih ada banyak jenis lainnya seperti digital printing offset yang lebih fokus ke cetak dalam jumlah banyak seperti brosur, buku, label dan sebagainya. Ada juga wide format printing yang lebih fokus ke spanduk, baliho, neon box atau advertising berukuran besar lainnya. Masih ada lagi yang disebut sablon digital baik itu sublim, transfer paper atau direct print. Akan tetapi jenis large format ini biasanya menjadi pilihan utama bagi pemula untuk memasuki dunia digital printing karena fleksibiltasnya yang bisa melayani permintaan offset digital, wide format dan sablon digital.

 

Printer Roland adalah salah satu printer large format (printer dengan ukuran cetak 50 - 150 cm) produksi  pabrikan Jepang yang cukup tenar dikalangan pengusaha large format printing. Roland awalnya memproduksi printer dye ink dan mulai terkenal ketika mereka mengeluarkan printer print & cut, yaitu printer yang bisa print sticker dan memotong sesuai polanya secara langsung di satu mesin. RONIta pun tertarik mengenal roland karena printer tersebut, yang kalo ndak salah seri pertamanya adalah Roland SP. Selain kemampuan print & cut, pemakaian tinta ecosolvent yang jauh lebih kuat dibandingkan tinta dye dan pigment untuk aplikasi outddor membuat roland juga semakin dilirik banyak kalangan. Tinta ecosolvent juga memberi keungulan kemampuan cetak di aneka jenis media yang jauh lebih beragam dibandingkan tinta dye seperti sticker, frontlite, backlite, dll membuat roland pun banyak penggemarnya. Satu lagi, karena harganya lebih murah waktu itu dibandingkan produsen lain maka roland pun semakin dilihat banyak orang, walau sekarang harga roland tidaklah murah seperti dulu lagi, he he he.

 

Itulah gambaran singkat kenapa RONIta Digital Printing memilih usaha digital printing large format menggunakan printer Roland. Usaha ini sudah kami jalani sejak 2005 dan terus kami kembangkan sampai sekarang. Bersama Roland kami berusaha mewujudkan ide kreatif yang kami punya sehingga mampu berbicara banyak di kancah persaingan usaha yang terus meningkat. Selain mengandalkan produk standar kami juga harus mengandalkan produk spesial agar terus eksis. Kombinasi produk standar dan produk spesial hasil printer Roland itulah yang membantu kami untuk menyusuri jalan usaha yang kadang berliku, naik dan turun bahkan sangat-sangat naik sehingga membuat kita merasa lelah. Semua proses dan waktu itu memberikan sebuah pengalaman, sebuah cerita yang sangat berharga bagi RONIta dalam memakai printer rolandnya. Kini melalui artikel ini kami ingin membagi cerita tersebut untuk anda sahabat RONIta dimanapun berada.

 

Sebuah pengalaman yang semoga bisa membantu anda menentukan pilihan karena biasanya sangat susah memilih printer untuk mengarungi usaha apalagi jika kita sebagai pemula. Banyak sekali bahasa sales yang berlebihan dan kalo kita tidak memahami bisa menjadi salah langkah yang akhirnya membuang waktu, tenaga dan dana kita. So melalui cerita ini kami berharap bisa memberikan sebuah pertimbangan tentang salah satu printer yang mungkin bisa jadi teman anda mengarungi usaha digital large format printing seperti ronita.

 

 

Mengenal Usaha Digital Printing Large Format

Usaha large format fokus pada pelayanan cetak ukuran A3 sampai ke ukuran 150 cm dan jika lebih kecil dari A3 dilakukan pemotongan dan jika lebih besar dari itu maka dilakukan proses penyambungan. Biasanya sistem bahannya roll atau gulungan, bukan lembaran seperti halnya cetak digital offset. Produk dan jasa yang dapat dilayani oleh usaha digital printing large format adalah sebagai berikut :

  1. Cetak ukuran besar di aneka media mulai dari kertas HVS, kalkir, konstruk atau art paper, photo paper, canvas, sticker vinyl, frontlite, backlite dan sebagainya. Printer yang biasa dipakai berbasis tinta dye, ecosolvent atau bisa juga toner seperti printer KIP. Untuk mencetak ukuran kecil biasanya produk akan di cetak di media besar secara bersamaan kemudian dipotong-potong menjadi kecil dan untuk produk yang lebih besar maka dilakukan penyambungan.
  2. Sablon digital baik yang berbasis transfer paper maupun yang berbasis sublimasi. Untuk sublimasi maka anda harus memakai tinta sublim dengan resiko dia hanya akan bisa cetak sublim saja tidak bisa cetak di media kertas atau media seperti di poin satu tadi.
  3. Cetakan iklan atau advertising, cetakan iklan maksudnya adalah segala jenis cetakan yang diaplikasikan untuk periklanan baik indoor maupun outdoor seperti giant banner, banner, sticker kaca toko, wall graphic atau gambar tembok yang banyak kita jumpai di tokot-toko, rumah makan ataupun mall-mall besar, x-banner, roll banner, signage, sticker dan sebagainya. Produk advertising ini biasanya menggunakan printer berbasis ecosolvent karena printer ecosolvent sudah indoor outdoor yang artinya hasil cetakan indoor tetapi kekuatannya outdoor atau bisa dipakai di luar ruang.

Itulah produk dan jasa yang umumnya bisa dilayani usaha digital printing large format. RONIta tetap mengandalkan produk atau jasa tersebut sebagai sumber pemasukan usahanya sampe sekarang. Akan tetapi agar bisa berbeda dan memiliki ciri khas maka kami melakukan modifikasi agar usaha kami pun bisa memproduksi produk dan jasa lain selain produk yang umum ditawarkan tadi. Untuk itulah kami membuat produk kreatif berbasis printer roland seperti striping motor dan mobil, sablon digital, pengecatan digital, skindrom skin handphone dan laptop serta beberapa produk kreatif lainnya.

 

Prinsip utama yang selalu kita pegang dalam membuat produk kreatif tersebut adalah HARUS BISA DICETAK DI PRINTER ROLAND. Kenapa kami memegang teguh prinsip ini? Agar kami bisa mengoptimalkan printer yang sudah kami punya sehingga tidak menghabiskan modal banyak untuk membeli aneka mesin yang belum tentu semua akan efektif. Jadi lebih baik punya printer banyak tetapi benar-benar efektif serta optimal.

 

Intinya selalu tekankan pada hati pikiran anda bahwa produk standar harus kita kuasai dan menjadi sumber pemasukan usaha yang bisa berputar secara cepat serta mudah produksinya. Untuk menambah pemasukan dan optimalisasi mesin maka produk kreatif adalah jawabannya. Jadi kita harus mengkombinasinya karena jika hanya produk kreatif saja akan berat apalagi produk kreatif segmen marketnya sangatlah sempit.

 

Produk Kreatif Hasil Pengembangan RONIta Menggunakan Printer Roland

Sebelum membahas produk kreatif pengembangan RONIta, ada baiknya anda mengetahui produk standar yang kami kembangkan di usaha digital large format printing ini, yaitu :

  1. Photo paper, mencetak perbesar photo tetapi hanya cetak saja tanpa frame
  2. Canvas, mencetak perbesar photo di media canvas saja tanpa frame
  3. Sticker vinyl meteran, semua jenis vinyl mulai dari label, signage dan semua kita terima selama bisa dicetak di printer roland.  Untuk sticker vinyl ini kami melengkapi layanannya dengan sistem cutting kiss cut dan diecut, resin dan juga efek tekstur sehingga layanan sticker vinyl kami sangat spesial dibandingkan produk sticker vinyl biasa. Produk vinyl ini merupakan salah satu produk utama RONIta walau kami tidak pernah mencetak dalam kecepatan penuh tapi alhamdulillah kualitas cetakan sticker ronita menjadi salah satu kesukaan konsumennya.
  4. Produk iklan seperti x-banner, roll baner, poster, sticker kaca, backlite dan sebagainya. Untuk backlite kami mengandalkan printer roland uv karena hasilnya sangat powerfull dibandingkan cetakan biasa atau printer solvent. Untuk produk iklan ini kami mengandalkan kualitas bahan dan cetakan sehingga tetap digemari
  5. Produk berbasis printer uv seperti gantungan kunci, cetak kayu, sticker transparan dan sebagainya.

Semua produk standar itu kami produksi dengan mengedepankan kualitas cetak sempurna dan tidak pernah banting-bantingan harga. Sejak printer roland pertama kami, kami tidak pernah ikut-ikutan perang harga. Kami jual di harga umum sesuai dengan kualitas cetakannya. Selalu anda ingat bahwa kemampuan untuk mencetak dengan kualitas sempurna adalah basic dasar pengembangan produk kreatif ronita sehingga jika kita tidak mampu menghasilkan cetakan sempurna produk kreatif pun tidak akan pernah ada.

Produk kreatif pengembangan ronita adalah sebagai berikut :

  1. Striping motor dan mobil
  2. Pengecatan digital
  3. Sablon digital
  4. Skindrom skin handphone dan laptop

Empat produk kreatif tersebut kami produksi menggunakan printer Roland sebagai mesin cetak utamanya kemudian kami kombinasi dengan teknik lainnya. Mari kita bahas satu persatu ya.

 

 

Striping Motor dan Mobil

Bermain striping motor dan mobil adalah salah satu cara termudah untuk membuat produk kreatif berbasis printer Roland. Kami memiliki printer roland sejak awal 2005 tetapi baru berani terjun di striping motor dan mobil pada tahun 2011. Kenapa kok lama sekali proses terjunnya karena dari 2005-2010 kami tidak bisa mencetak striping sehalus striping hasil hasil sablon screen produksi pabrikan, ditambah kami belum bisa membuat pola striping untuk motor dan mobil.

 

Selama 5 tahun itulah ronita terus belajar dan belajar sampai akhirnya kami memberanikan diri untuk memproduksinya. Printer Roland yang membuat kami berani terjun di dunia striping adalah Roland Soljet Pro 3 dan Roland VersaCamm.  Kedua printer tersebut mampu mencetak warna yang super dengan kehalusan sama seperti sablon screen. Tintanya pun juga memiliki ketahanan sampe 2-3 tahun. Saat ini untuk memproduksi striping motor dan mobil kami mengandalkan Roland Soljet Pro 4 XR 640 dan Roland UV LEJ 640, disamping itu kami sedang berusaha untuk menambah printer baru yaitu Roland TrueVis VG640 yang merupakan salah satu printer terbaru dari Roland. Jika anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang printer TrueVis VG640 silakan klik disini : ROLAND TrueVis VG640

 

Untuk membuatnya semakin diterima pasar dan tidak bentrok dengan striping produksi pabrikan maka kami membuat striping yang berbeda konsepnya yaitu striping fullbody design suka-suka. Fullbody artinya sticker menutupi semua bagian body motor tanpa perlu merusak striping asli dan warna motor aslinya sedangkan design suka-suka artinya design bebas sesuai permintaan konsumen bukan replika dari produksi pabrikan. Kenapa kami pilih begitu karena yang jual replika pabrikan sudah banyak banget dan harganya sangat murah, kalo kita terjun kesana maka kita hanya akan jadi bulan-bulanan harga oleh mereka yang secara produk memang jauh lebih murah dibandingkan sistem yang digunakan ronita.

 

Satu lagi yang kami tambahkan dalam produk striping adalah warna spesial. Warna spesial adalah warna khusus yang biasanya tidak bisa dicetak di printer CMYK standar. Roland menyediakan tinta spesial yaitu tinta putih dan silver metallic, akan tetapi untuk tinta putih masih ada kendala sampai sekarang sehingga belum bisa optimal. Akhirnya kami fokus ke warna silver metallic, dari warna silver metallic inilah dapat dibuat striping beraneka warna dengan warna spot color atau warna-warna khusus seperti gold, biru metallic, gun metal, merah marun dan sebagainya sehingga striping produksi ronita pun semakin istimewa.

 

Selain inovasi tadi kami juga menggunakan bahan atau media sticker yang unik agar striping pun lebih menarik konsumen dan tidak pasaran. Seperti kita ketahui bahwa printer large format memiliki keterbatasan warna, printer tersebut masih banyak yang tidak bisa mencetak warna spesial seperti warna reflectif, warna chrome dan warna stabilo. Oleh karena itulah RONIta menghadirkan bahan sticker dengan warna spesial tersebut tetapi bisa di print di printer Roland. Dengan pemahaman pencampuran warna maka kita bisa mendapatkan warna yang menarik serta hasil cetakan yang menarik pula.

 

Terakhir, kami berusaha memberikan pelayanan pemasangan yang sesuai dengan standar otomotif plus garansi dan perawatan sehingga konsumen semakin yakin untuk membeli striping ronita. Selama ini kami lebih fokus ke motor dan baru sekitar 1 tahun ini ke striping mobil, kami fokus ke striping karena alasan lebih simple serta pemainnya belum banyak karena kebanyakan pemain sticker mobil fokus ke full wrap atau full body, so kita mencoba menggarap pasar yang terlupakan yaitu striping mobil. Untuk perkembangannya ikuti saja terus di website atau fanspage ronita.

 

Berikut adalah protofolio striping produksi RONIta Digital Printing

 

striping motor reflective produksi ronita

Striping Dengan Bahan Reflective Yang Akan Nyala Ketika Terkena Sinar Lampu

 

sticker RDS ronita.jpg

Striping Dengan Penggunaan Efek Spot Color (Biru) Hasilnya Seperti Cat Biru Yamaha

 

Jupiter.jpg

Penggunaan Warna Stabilo Sehingga Striping Mirip Sama Motor Aslinya di MotoGP

 

sticker-vinyl-cast-mobil-hrv-ronita.jpg

Penggunaan Spot Color Sehingga Hasil Print Mirip Seperti Cat Mobil dan Striping Lebih Menyatu

 

 

Pengecatan Digital

Pengecatan digital adalah sebuah ide dari RONIta untuk menembus pasar otomotif lebih dalam karena dengan masuk ke dunia otomotif lebih dalam akan memberikan peluang yang sangat besar untuk mengatrol produk lainnya seperti sablon, sticker vinyl dan sebagainya.

RONIta mulai mengembangkan pengecatan digital ini pada tahun 2010, dimulai dengan mengembangkan water slide decal yang bisa di print menggunakan printer Roland. Water slide decal adalah media transfer yang banyak digunakan untuk pengecatan helm, mug, piring, kayu dan aneka media non datar lainnya. Water decal umumnya dicetak menggunakan metode sablon screen dan sangat susah untuk di print di printer roland. Akan tetapi dengan segala perjuangan akhirnya ronita bisa memproduksi sendir water decal yang bisa diprint menggunakan printer roland dan sejak itulah layanan cat digital (helm) kami mulai.

 

Pengecatan digital adalah proses pengecatan menggunakan media transfer yang mana media transfer tersebut dicetak menggunakan printer digital. Media transfer yang bisa kita pakai sangat banyak sekali mulai dari sticker vinyl, water slide decal, transfer paper atau bahkan bisa juga kertas biasa. Akan tetapi RONIta memilih fokus untuk menggunakan media transfer berupa sticker dan water slide decal. Metode ini banyak dilakukan oleh pabrikan otomotif baik nasional maupun internasional hanya saja kami membuatnya bisa custom dan bisa diproduksi secara satuan.

 

Tidak seperti striping motor dan mobil, pengecatan digital membutuhkan peralatan tambahan khusus  selain printer Roland sebagai printer utamanya, berikut peralatan tambahan yang harus ada ketika anda ingin menjual jasa/produk cat digital :

  1. Kompressor dan spray gun
  2. Oven atau ruang oven untuk pengeringan
  3. Ruang pengecatan
  4. Peralatan bengkel secara lengkap sesuai dengan produk yang akan di cat
  5. Peralatan sablon screen dan ruang sablon

Selain peralatan khusus di atas, kita juga membutuhkan SDM khusus untuk designer, SDM yang mengerti pengecatan dan memahami perbengkelan. Produk yang sudah biasa kami cat selama ini adalah helm, motor dan gitar. Kami sedang mengembangkan pengecatan untuk mobil dan aksesorisnya tetapi itu kami targetkan untuk beberapa tahun mendatang setelah kami lebih siap lagi.

 

Prinsip kerja dari pengecatan digital ini adalah sebagai berikut :

  1. Pembongkaran media yang akan kita cat.
  2. Pembuatan pola sesuai dengan media yang akan di cat.
  3. Preparasi serta pengecatan warna dasar ke media yang akan di cat. Preparasi meliputi pengamplasan, pengupasan cat lama jika medianya bekas atau ada cat lama yang harus dihilangkan, epoxy sebagai landasan cat dasar nantinya. Proses cat dasar sendiri bisa terdiri dari 1 warna atau 2 warna sesuai kebutuhan dan penentuan warna dasar ini sangat penting karena akan mempengaruhi proses cetak media transfernya.
  4. Print dan cutting media transfer menggunakan printer Roland. Disinilah peran sebuah printer akan sangat terlihat, Roland merupakan printer yang sangat bagus dari segi pewarnaannya akan tetapi jika profilenya tidak tepat maka kita tidak akan bisa menghasilkan warna yang sempurna. Di dalam proses cat digital dibutuhkan hasil print yang mendekati warna-warna cat sebagai warna dasar yang sudah disemprotkan di media sebelumnya. Jika warna hasil print tidak sama atau tidak bisa mendekati hasil warna cat maka hasil pengecatan akan belang atau tidak menyatu dan terkesan hanya sekedar tempelan semata. So penggunaan printer roland dengan spot color atau warna metallicnya sangatlah kami handalkan disini. Saking penting proses print disini tidak semua printer roland pun cocok dipakai untuk pengecatan digital. RONIta prefer ke printer Roland yang dilengkapi tinta metallic atau yang memiliki variasi warna lebih dari 4 warnalah yang cocok digunakan disini.
  5. Pemasangan media transfer, pemasangan media transfer ini perlu teknik dan skill tersendiri. Beda bahan akan beda teknik pemasangannya dan bahkan kita harus main sistem layer atau tumpuk warna seperti halnya teknik air brush atau pengecatan.
  6. Setelah pemasangan selesai maka tugas kita adalah melakukan vernish atau coating dengan tujuan agar media transfer menyatu ke media yang kita cat secara sempurna. Selain itu coating memberikan perlindungan agar warna jauh lebih awet dan memiliki tampilan yang lebih mewah baik itu glossy ataupun doff.
  7. Coating umumnya memerlukan pengeriang sehingga kita butuh oven atau ruang pengeringan yang baik agar hasil pengecatan akan bersih dan sempurna.
  8. Finishing meliputi proses compond dan waxing serta perakitan kembali seperti semula.

 

Selama menekuni pengecatan digital ini kami menggunakan media transfer yang kami kembangkan sendiri karena memang tidak banyak yang menjualnya di Indonesia. Akan tetapi dunia pengecatan digital yang memanfaatkan media transfer semakin nge-trend di Indonesia ditandai masuknya water transfer film atau yang dikenal juga dengan istilah cat celup atau water printing. Kondisi ini tentu sangat bagus kedepannya karena dengan mengkombinasi teknik ronita dan teknik baru itu kita akan mendapatkan hasil cat yang lebih variatif dibandingkan sebelumnya.

 

Industri pengecatan bukanlah industri banting harga atau main cepat, semua prosedur harus diikuti dengan baik dan benar jadi anda harus meletakkan kebiasan bisa ditunggu disini. Jangan berharap disini sama seperti cetak brosur dengan HP Indigo yang bisa ditunggu walau dalam jumlah ratusan. Disini 1 produk kadang butuh waktu 2-6 minggu so anda harus benar-benar mampu menjual di harga yang tepat, efektif dalam produksi dan tentunya memiliki sistem penjualan yang sempurna.

 

ronita menang lomba helm cargloss

Saat Mengikuti Kontes Pengecatan Helm, Disinilah Kami Mengenalkan Metode Digital Secara Umum

 

Berikut adalah produk-produk pengecatan digital oleh RONIta Digital Printing :

 

pengecatan gitar secara digital

Contoh Pengecatan Digital di Media Gitar (Kayu)

 

pengecatan motor digital ronita

Contoh Konsep Design Untuk Pengecatan Digital di Motor

 

hasil-pengecatan-vario-cat-digital.jpg

Hasil Jadi Pengecatan Digital Untuk Motor Balap

 

helm-efek-reflective-ronita helm-drag-race-ronita helm-shoei-pengecatan-ronita

Contoh Aplikasi Warna Khusus di Pengecatan Digital Media Helm (Reflective, Stabilo, Chrome)

 

pengecatan-digital-warna-metallic

Contoh Penggunaan Warna Metallic Untuk Cat Digital

 

helm-efek-carbon-silver-ronita

Contoh Penggunaan Warna Metallic Untuk Cat Digital

 

helm-arai-elpratna-masterchamp-yamaha-46-oleh-ronita

Helm Pembalap Yamaha El Pratna Yang Dipakai Untuk Ikut Pelatihan di Markas Rossi di Italy

 

 

Sablon Digital

Sablon digital sebenarnya mirip dengan pengecatan digital yaitu membuat cetakan di media yang tidak bisa langsung di print baik dari segi bentuk maupun kondisi permukaannya yang susah untuk diprint. Media seperti ini contohnya kaos, topi, sepatu, kayu, mug, piring dan sejenisnya. Pada tahun 2005 teknologi cetak belum semaju sekarang seperti kaos belum ada DTG, mug atau media bulat belum ada printer UV dan sebagainya. Adanya transfer paper, dimana transfer paper ini sebagai media perantara agar gambar bisa dipindah dari komputer ke media yang akan disablon dengan bantuan sistem hot press.

 

Sablon digital yang pertama kami tekuni adalah sublimasi akan tetapi kami gagal total dan kemudian beralih ke sistem transfer paper. Transfer paper memberikan harapan tetapi tidak pernah cerah, bahkan kami pernah rugi 100jt lebih gara-gara mencoba impor bahan transfer paper dari Jerman yang ketika datang kesini tidak sesuai spek yang kami lihat disana. Jadi begini ceritanya, tahun 2008 ronita berkunjung ke salah satu pabrik pembuat transfer paper di Jerman. Disana kami belajar banyak tentang transfer paper berbasis ecosolvent, jika sebelumnya kami hanya mengenal sublimasi dan transfer paper biasa maka disana kami mengenal lebih banyak lagi jenis transfer paper dan yang paling keren adalah penggunaan printer roland versacamm untuk print cut sablon berbasis transfer paper.

 

Secara kami yang memang sudah punya printer Roland Versacamm juga butuh untuk pengembangan produk maka tertariklah kami untuk membeli transfer paper tersebut. Semua proses dan sampel ketika di pabrik tersebut hasilnya sangat bagus tetapi sayang ketika datang hasilnya zonk dan kami pun harus menelan rugi ratusan juta rupiah. Sejak kejadian itu ronita sempat down dan hanya menjalani sablon digital apa adanya, kami memang melayani sablon digital tapi hanya print dan press yang hasilnya memang tidak begitu bagus ataupun memiliki pesona khusus.

 

Sampai akhirnya pada tahun 2012 kami tertarik pada DTG, apalagi memang sejak 2010 isu DTG sudah cukup mengagumkan. DTG adalah proses print langsung di atas kaos tanpa perlu transfer paper lagi dan tentu tanpa capek cutting-cutting lagi. Tetapi sayangnya tidak sampai 2 tahun printer DTG kami harus mangkrak sampe sekarang. Penyebabnya mulai dari proses produksi yang tingkat gagalnya tinggi sampai susahnya sparepart mesin tersebut (DTG kami beli dari korea melalui suplier di Indonesia). DTG ini menyebabkan kami rugi setidaknya 150jt belum ditambah dengan stock tinta dan sebagainya.

 

Kembali lagi kami hanya melayani sablon kaos berbasis transfer paper tetapi hanya print, cut dan press tanpa inovasi apapun. Kondisi ini berlangsung sampe tahun 2014 akhir dan berubah di awal 2015 saat kami kembali dari Australia membawa beberapa ide yang menyegarkan. Idenya sebenarnya simple yaitu kembali ke transfer paper karena sudah terbukti transfer paperlah yang terus membuat layanan sablon digital di RONIta tetap eksis walau hanya print, cutting dan press saja.Dibuatlah konsep baru yaitu transfer paper, print, cutting detail, cabut warna, adu manis warna spesial, dan press.

 

Transfer paper artinya kita tetap menggunakan teknologi transfer paper yang bisa di print di printer roland, kami lupakan dulu DTG dan Sublimasi (jika sudah waktunya kembali maka kami akan kembali, he he he). Jadi ingat, transfer yang kami utamakan adalah yang printable dengan printer roland sedangkan untuk jenis lainnya bersifat pendukung saja. Transfer paper ini juga harus mudah dicutting serta di cabut agar proses cabut warna serta adu manis warna bisa dilakukan dengan mudah, jika transfer papernya tidak memiliki kriteria seperti ini maka kita jadikan dia pilihan kedua atau ketiga. Untuk menghadirkan warna spesial maka digunakan tinta spesial yang ada di printer roland dan juga kita buat sendiri transfer paper berwarna spesial seperti stabilo, gold, hitam dan nanti akan kita kembangkan warna lainnya juga.

 

Semua kombinasi itu kami jabarkan dalam bentuk design line art, bukan design jpg biasa atau print biasa. Konsep design line art inilah yang membuat hasil sablon digital RONIta sekarang lebih riil, lebih memiliki ciri dan tentunya beda dengan sablon bisa yang ada dipasaran baik itu transfer paper atau sablon screen. Hasil yang mampu tampil beda inilah yang membuat sablon digital produksi RONIta memiliki kelas dan penggemar tersendiri. Sekarang kami semakin yakin untuk terus menggunakan transfer paper sebagai pondasi awal sablon digital kami dan selanjutnya kami pasti akan bisa berkembang ke sablon digital lainnya yang lebih inovatif.

 

Berikut contoh hasil sablon produksi RONIta Digital Printing :

 

sablon-stabilo-kaos-rossi-ronita

Contoh Sablon Transfer Paper Stabilo Full Color dan Single Color

 

sablon-stabilo-kaos-rossi-ronita

Contoh Sablon Transfer Paper Stabilo di Bahan Sweeter

 

sablon-stabilo-di-jaket-kulit-ronita

Contoh Sablon Bahan Kulit

 

kaos-stabilo-marc-marquez-ronita

Contoh Sablon Warna Spot Color (Abu-Abu) dan Stabilo

 

sablon-kaos-polo-shirt-ronita

Contoh Aplikasi Sablon Transfer Paper RONIta di Kaos Polo

 

Sablon digital sendiri sebenarnya tidak pada sebatas kaos tetapi kami juga memiliki bahan transfer yang bisa diaplikasikan untuk media mug, kayu, kulit sintetis, piring dan sebagainya dengan sistem dingin. Bahan tersebut namanya water decal transparan dimana bahan ini cocoknya untuk anda yang memiliki printer Roland dengan tinta putih atau metallic silver. Berikut adalah contoh aplikasi sablon digital kreasi RONIta di media selain kaos :

 

sablon-mug-menggunakan-printer-roland

Sablon Mug Warna Silver dan Gold Metallic

 

Belum terlalu banyak sampel untuk produk ini karena saat ini kami masih terus mengembangkannya. Kami masih mencari settingan terbaik agar hasilnya jauh lebih maksimal lagi.

 

Skindrom Skin Handphone dan Laptop

Skin atau sticker pelindung handphone dan laptop adalah salah satu inovasi RONIta yang sangat fenomenal, kami memulainya di tahun 2011 dan booming sejadi-jadinya sampai tahun 2013. Dari booming skin inilah RONIta mampu mengembangkan kreasi baru seperti pengecatan digital, striping dan tentu juga mencoba sablon DTG. Skin sungguh sangat fenomenal akan tetapi sayang kami lupa membuat branding khusus untuk produk skin ini karena pada waktu itu kami hanya menyupply para pedagang skin tapi tidak pernah langsung ke end user. So end user tidak mengenal RONIta sebagai produsen skin, mereka bahkan banyak yang tidak tahu jika skin yang mereka pakai adalah produksi RONIta.

 

Selain itu yang namanya kue manis pasti akan banyak semut yang datang, kedatangan semut-semut lain ini membuat pasar skin jenuh dan akhirnya stagnan sampai sekarang. Sama seperti kondisi sablon, maka skindrom pun hanya bertahan ala kadarnya selama pak Roni pergi ke australi. Kami hanya melayani beberapa konsumen saja yang penting layanan ini tetap ada. Seiring waktu bersama bangkitnya sablon digital maka skin pun juga kami bangkitkan kembali. Pertama yang dilakukan adalah membuat merk atau tanda produk skin kita dengan nama SKINDROM, penamaan ini untuk menegaskan bahwa kami akan fokus ke end user baru nantinya ke reseller dengan sistem jualan yang lebih bagus.

 

Di sisi konsep pun juga berubah, jika dulu kami sangat ter-obsesi dengan full skin (skin yang membungkus semua body handphone) tetapi sekarang kami hanya fokus ke body belakang handphone saja. Alasannya karena handphone sekarang berlayar lebar dan touchscreen so tidak terlalu penting bagian depan untuk diberi skin karena bisa saja malah mengganggu ketika dipakai. Sama seperti sablon digital, kami memberikan sentuhan warna spesial serta efek unik berbasis printer uv roland. Efek yang kami tonjolkan adalah efek glossy varnish, spot print dan tentu tekstur print 3D yang dulu juga pernah kami kembangkan.

 

Sungguh di luar dugaan, alhamdulillah, skindrom direspon sangat baik oleh end user. Jika dulu kami hanya menjul skin 75rb untuk 18 pcs maka sekarang kami mampu menjual skin 75rb per pcs untuk jenis handphone dan 150rb untuk skindrom laptop. Inilah contoh nyata bahwa sebenarnya pasar skin handphone dan laptop tidak mati tetapi karena produsennya hanya berperang harga akhirnya konsumen jenuh. Mereka butuh skin yang bener-bener beda dan RONIta menjawab dengan Skindromnya.

 

Inilah contoh Skindrom produksi RONIta saat ini :

 

skindrom-skin-laptop-stabilo-ronita

 

skindrom-skin-handphone-stabilo-ronita skindrom-stabilo-skin-handphone-ronita skin-handphone-rossi-skindrom-stabilo-ronita

Contoh Skindrom Stabilo Laptop dan Handphone

 

skindrom-stabilo-tekstur-3D-ronita

Contoh Skindrom Tekstur 3D

 

skindrom-tekstur-3D-stabilo-motif-rossi-ronita

 

 

Peran Printer Roland Dalam Pengembangan Produk Kreatif RONIta

Printer Roland tidak bisa dilepaskan dari sejarah RONIta Digital Printing, peranannya sangatlah besar karena pada dasarnya semua produk kreatif yang kami kembangkan mengacu kepada printer Roland. Ketika memiliki printer Roland barulah kita berpikir produk kreatif apa yang bisa dikembangkan dengan printer tersebut. Parameter ini kami gunakan agar kami tidak kehabisan waktu dalam proses mengembangkan sebuah produk kreatif, jika tidak kami tentukan printernya Roland atau printer Roland yang sudah kami miliki maka kami harus melakukan banyak percobaan di berbagai printer dan tentu itu akan menghabiskan waktu. Simplenya, di workshop kami sudah ada Roland so apa yang bisa kami perbuat dengan printer tersebut.

 

Membaca internet adalah salah satu cara kami untuk belajar, hampir setiap hari kami mengunjungi website roland dan printer lainnya. Intinya untuk mencari ide baru atau teknik baru dalam mencetak media yang nantinya bisa dikembangkan ke arah kreatifitas yang kita inginkan. Selain itu selama menjalani usaha kami diberi kesempatan (oleh Alloh SWT) untuk mendatangi beberapa negara yang dikenal super kreatif seperti Belanda, Jerman, Australi, Singapore dan Amerika. Dari pengalaman berkunjung dan melihat langsung user Roland disana, dari sanalah kami mendapatkan keyakinan bahwa printer roland ini sangat bagus untuk usaha kami dan tinggal bagaimana kami berusaha sebaiknya agar mampu memanfaatkannya dengan baik.

 

Printer Roland bukanlah printer yang berkecepatan cetak super, malah cenderung lambat jika dibandingkan printer lainnya. Akan tetapi jika acuan kita memang hasil cetak berkualitas dan produk kreatif maka kecepatan cetak Roland bukanlah isu utama. Kehandalan dia dalam mencetak dan menghasilkan warna spesiallah yang harus benar-benar kita lihat. Ditunjang dengan perawatan yang simple, software yang mudah digunakan dan tentunya after salenya yang baik membuat Ronita betah bersama Roland sampai sekarang.

 

Sepuluh tahun lebih RONIta menekuni usaha digital large format ini bersama Roland dan sampe sekarang terus berlanjut. Alhamdulillah semua berjalan lancar, kerikil ada kendala pasti ada akan tetapi dengan pemahaman dan kesiapan yang baik semua itu bisa kita lalui tanpa kesulitan. Bhinneka sebagai distributor tunggal printer Roland di Indonesia sangatlah membantu dalam hal ini, kami di ronita benar-benar terbantu dengan segala pelayanannya mulai dari tinta, icc profile sampe sparepartnya. So jika ditanya apa peran printer Roland untuk kami? Jawabnya dia adalah tulang punggung utama, dialah teman kami berkarya di dunia kreatif yang tiada batasnya ini. Berikut adalah daftar printer roland yang pernah kami pakai dan kami pakai sekarang :

 

1. ROLAND SP 540

 

http://ronitadp.files.wordpress.com/2012/04/112811899_roland-inkjet-printer-sp300v.jpg

Ini adalah mesin PRINT & CUT generasi pertama dari versaCAMM yang RONIta punya (beli second setelah kami membeli VP-540), memiliki 2 printhead dx4 dan kemampuan cutting secara langsung. Mesin ini sangat lambat jika dibandingkan mesin-mesin ROLAND sekarang akan tetapi secara kualitas cetakan dan kualitas mesin dia sangat bagus.

 

2. ROLAND VERSACAMM VP 540

 

http://ronitadp.files.wordpress.com/2012/04/roland-vp-540-big.jpg

Inilah mesin ROLAND pertama yang dimiliki oleh RONIta. Mesin VP 540 ini menjadi tonggak dimana kami mulai berkreasi dengan large format berbasis tinta ecosolvent. Dimulai dari sablon digital, print plastik, print stiker dan sebagainya. Dengan mesin VP 540 juga kami memperkenalkan print & cut secara otomatis (saat itu tidak terlalu lazim menggunakan metode print & cut). Oh iya, saat membeli mesin ini kami adalah orang ke 4 yang membelinya untuk wilayah Indonesia (kata salesnya), jadi bisa dibayangkan mesin ini masih sangat baru dan kami harus berjuang sendiri untuk mengutak-utiknya sampai maksimal.

 

ROLAND VP 540 memiliki 4 head jenis DX4 atau printhead terpisah, memiliki lebar 1,3 m dengan fungsi cutting otomatis, kecepatannya jauh lebih cepat dibandingkan SP540 dan sepertinya mesin ini merupakan salah satu yang mengangkat nama ROLAND di Indonesia, RONIta merupakan salah satu sales penjualnya dulu dan sekarang Ronita pun kembali menjadi sales representative Roland. Dengan mesin ROLAND VP 540 inilah kami mulai belajar mencetak di atas kulit sintetis menggunakan mesin-mesin ROLAND dan ternyata mesin VP atau SP lah yang paling bandel walau mesin2 jenis ROLAND yang lainnya juga bisa.

 

3. ROLAND VERSACAMM VP 540i

 

http://ronitadp.files.wordpress.com/2012/04/roland-vp540i1.gif

Mesin ini tidak jauh beda dengan yang VP540, dia hanya ditambahin kemampuan khusus untuk mencetak lebih halus dibandingkan generasi sebelumnya.

 

4. ROLAND VersaART RS 640

 

http://ronitadp.files.wordpress.com/2012/04/k68kjfkaz2l8_rs640_bu-2.jpg

Ini adalah mesin ROLAND dengan lebar 1,6m pertama yang kami miliki, dia hanya berfungsi untuk cetak saja tanpa ada fungsi cutting sekaligus. Mesin RS 640 ini menandai mulainya RONIta meninggalkan mesin PRINT & CUT karena alasan kecepatan produksi. Produk-produk unik yang kami kembangkan dengan mesin ini adalah HELM DIGITAL, Cetak Mug, STIKER STRIPING CUSTOM MOTOR, Helm Digital, Sablon Digital dan Cetak Di berbagai Jenis bahan stiker terutama stiker-stiker yang biasanya disablon manual. Mesin ini sudah diskontinyu sejak april 2012 dan diganti oleh ROLAND RE 640 yang sekarang (2016) masih ada 1 pcs di workshop ronita.

 

5. ROLAND SOLJET PRO II FJ740

 

http://ronitadp.files.wordpress.com/2012/04/roland_soljet_pro_ii_v_sj-645ex__69492_zoom.jpg

Mesin ROLAND SOLJET PRO II FJ740 adalah mesin 1,8m pertama yang kami miliki. Mesin ini kami beli second dari bandung dengan modal nekat karena kami membeli mesin ini bukan untuk produksi tapi untuk jualan mesin. Ceritanya mau jadi broker mesin second gitu dan ini adalah mesin pertama yang kami beli dari pengusaha printing dan kemudian direkondisi untuk dijual kembali. Walau begtu mesin ini sempat saya gunakan produksi selama 1 bulan untuk mencetak spanduk karena kecepatannya jauh dibandingkan mesin-mesin roland lainnya dan hasilnya juga maknyuss, sangat jauh kalo dibandingkan dengan mesin-mesin china.

 

6. ROLAND SOLJET PRO III XJ740

 

http://ronitadp.files.wordpress.com/2012/04/soljet-xj-740-ronita1.jpg

Ini adalah mesin 1,8m dari ROLAND generasi terbaru ketika saya membelinya tahun 2010. Dengan proses cetak yang lebih cepat dan kualitas sempurna maka mempercepat proses produksi di RONIta. Mesin ini masih menggunakan DX4 sebagai printheadnya dengan supply warna 8 slot sehingga sangat banyak memuat tinta. Dengan Printer inilah era striping motor dan mobil kami mulai, hasil cetakannya sangat lembut dan warnanya sangat solid sekali dibandingkan Roland kami sebelumnya.

 

7. ROLAND BN-20

 

http://ronitadp.files.wordpress.com/2012/04/bn20_title_feature.jpg

ROLAND BN20 ini adalah mesin terkecil dari ROLAND yang kami miliki yaitu dengan lebar cetak 50 cm saja. Dengan mesin BN-20 inilah RONIta memasuki pasar skin handphone yang sebelumnya didominasi oleh vendor luar negeri. Dengan mesin BN-20 ini juga kami mulai memikirkan penggunaan tinta metalic secara khusus untuk menunjang produk-produk kreatif kami yang lainnya.

 

Saat ini di tahun 2016, Roland BN-20 juga nangkring lagi di workshop RONIta dan menjadi tulang punggung dalam produksi pengecatan digital bahkan kami semakin mencintainya karena kami semakin paham bagaimana menggunakan printer kecil yang imut dan menggemaskan ini. 

roland-BN20-ronita-digital-printing

 

8. ROLAND VS540

 

http://ronitadp.files.wordpress.com/2012/04/roland-versacamm-vs-640-64-inch-inkjet-printer-cutter.jpg

ROLAND VS-540 yang menggunakan printhead golden head dan dilengkapi tinta metallic. Mesin ini dulu kami gunakan untuk memproduksi skin handphone karena cetakannya super duper hi-res sehingga hasil skindrom bisa maksimal.

Mesin ini memiliki kecepatan jauh di atas rata-rata jika dibandingkan VP540i atau RS640. Arti cepat disini bukan masalah cepat saja tapi cepat berkualitas, ya dengan resolusi yang sama maka mesin ini mencetak jauh lebih cepat dibandingkan generasi-generasi sebelumnya.

 

9. Roland VersaArt RE 640

 

20160801_150607.jpg

Printer RE 640 kami membelinya tahun 2012 tetapi kami beberapa kali membeli mesin RE640 sehingga kami lupa persisnya yang mana yang dibeli tahun 2012. Yang jelas sudah 4 tahun printer ini nongkrong di workshop RONIta dan tetap saja bagus performancenya. Saat ini printer ini memang jadi tumpuan untuk mencetak produk standar saja bukan produk kreatif yang telah kami ulas tetapi dia tetap berfungsi sebagai back up jika terjadi masalah atau trouble di printer kreatif. Oh iya, printer ini juga sebagai salah satu penjaga produksi sablon digital di ronita terutama untuk kaos.

 

10. ROLAND UV LEJ 640

 

roland-uv-lej-640-ronita-digital-printing

Printer ini kami beli sekitar tahun 2012 akhir atau 2013 awal, tetapi sayangnya printer ini sempat mangkrak tidak jelas karena kami gagal mengembangkannya. Kami kesulitan mengembangkan printer UV pertama kami ini karena hasil cetaknya benar-benar berbeda dengan ecosolvent yang sangat simple. Printer ini membuat kami pun frustasi makanya hampir 2 tahun printer ini dibiarkan begitu saja di RONIta. Padahal kami harus membayar cicilannya 50jt per bulan selama dia diam saja tersebut. Putus asa sempat membuat kami berpikir untuk menjualnya saja sebagai besi rongsokan.

 

Akan tetapi sekembalinya dari australia dan terutama Drupa 2016, kami menemukan titik terang bagaimana memanfaatkan printer uv ini. Kuncinya di efek tekstur dan penentuan bahannya, jika sebelumnya kami terobsesi untuk cetak keramik, cetak kayu dan aneka media rigid lainnya maka keinginan itu kami simpan dulu. Kami melihat kembali bahwa Roland UV LEJ ini adalah printer hybrid apalagi yang kami punya masih sistem lama bukan sistem terbaru yang modelnya pure flatbed. Dari pemikiran ini kami mengambil keputusan untuk fokus saja ke media sticker dan mengembangkan efek tekstur. Semua sticker kami beri efek tekstur terutama skindrom, hasilnya pun sempurna. Printer yang 2 tahun mangkrak dan menghabiskan dana 55 juta untuk membangunkannya kini kembali bekerja dengan produk yang super istimewa yaitu sticker tekstur 3D khas Ronita. Kami juga terus mengembangkan printer ini untuk wall graphics and mural, yaitu sticker untuk dekorasi dinding sebagai alternatif wallpaper.

 

11. Roland Soljet Pro 4 XR 640

 

roland-soljet-pro4-XR640-ronita-digital-printing

 

Printer generasi Soljet ini merupakan salah satu printer andalan kami dalam pengembangan spot color dan silver metallic sebagai basis pengembangan produk kreatif RONIta. Juga sebagai tulang punggung cetakan striping motor dan mobil, hasilnya super joss tanpa bisa dikalahkan dengan printer-printer lainnya. Printer inilah yang menjaga kualitas striping ronita, dengan hasil cetaknya yang sempurna membuat kami sangat pede di kancah striping custom Indonesia. Printer ini sayangnya sudah tidak didatangkan oleh Bhinneka jadi kalo anda berminat harus pesan atau indent terlebih dahulu. Printer Roland Soljet XR 640 ini merupakan salah satu printer yang benar-benar membuat kami bangga dan begitu mudah melakukan banyak inovasi bersamanya.

 

Itulah gambaran panjang peranan printer Roland diperjalanan usaha RONIta. Sejauh itu kami tidak pernah ganti vendor, kami tidak pernah ganti tinta dan kami selalu fokus dengan printer-printer kami. Segala sparepart kami jaga, jika waktunya ganti pasti kami ganti dengan satu tujuan agar performance mesin tetap sempurna. Kami sangat memilih bahan, tidak pernah memaksa printer sampe berdarah-darah dalam bekerja karena intinya memang kualitas. Alhamdulillah semua pengorbanan itu memberikan hasil yang sempurna. Bhinneka adalah vendor utama Ronita dan selama 10 tahun itu kami terus bekerja sama dengan mereka. Namanya masalah pasti ada akan tetapi kami selalu berkomunikasi sehingga semua kendala bisa teratasi. Misal untuk masalah tinta atau sparepart kami selalu stock agar kalo terjadi apa-apa bisa lebih mudah, kami pun memberikan info ke mereka kira-kira berapa kebutuhan kami perbulan sehingga mereka bisa mengalokasikan pembeliannya.

 

Ingat, vendor bukan dewa, mereka sama seperti kita juga, butuh feed back yang baik. Butuh dibeli konsumabelnya sehingga mereka pun juga bisa running serta memberikan pelayanan yang baik. Jangan hanya menghubungi vendor kalo ada masalah saja tetapi komunikasilah setiap saat dan pakai produk mereka selama itu baik. Kadang beda dikit tidak apa-apa asal support full, itulah prinsip Ronita dalam bekerjasam dengan vendor dan kerjasama yang baik ini juga terasa sampai sekarang. Dimana ketika kita butuh printer baru maka vendor akan membantu kita dengan kemudahan pembayaran atau bahkan dengan kemudahan untuk mempelajarinya terlebih dahulu.

 

So jika ditanya apakah RONIta akan memakai Roland generasi terbaru? Jawabnya Yes InsyaAlloh kami berusaha membelinya..bismillah..dan perjalanan ini akan kami teruskan sebaik-baiknya sampai nanti ke generasi berikutnya, insyaAlloh..aamiin ya robbal'alamin.

 

Peluang Usaha di Masa Depan Bersama Printer Roland

Masa depan tidak pernah ada yang tahu pasti tetapi keputusan kita mengambil langkah hari ini akan sangat mempengaruhi masa depan kita kelak. Jika kita mampu mengambil keputusan yang tepat sekarang maka masa depan yang tepat pun akan menunggu kita. Sama seperti ketika kami mengambil Printer Roland dulu, kami benar-benar yakin bahwa Printer Roland ini akan sangat berguna untuk RONIta. Di awal pemakaian memang sempat bingung karena masih adaptasi, akan tetapi seiring berjalannya waktu kami terus menuai hasil positif bersama printer "banci" ini (dulu pas nanya-nanya Roland ke orang-orang maka mereka sering bilang ooo printer banci ya).

 

Roland sendiri saat ini juga berubah, perubahan mulai terlihat pada generasi printer terbaru ROLAND TrueVIS VG640 yang menggunakan printhead FlexFire dengan sistem warna terpisah dan dropping tinta yang lebih kecil lagi maka era baru pun telah dimulai. Mereka juga memperbarui software Versa Worknya menjadi Versa Work Dual yang lebih bagus sistem warnanya sehingga mampu menghasilkan hasil print yang lebih glossy dengan tinta baru yang juga disematkan pada printer tersebut. Kami yakin akan terbuka banyak peluang kreatif bersama printer terbaru ini dan kami pun siap menyongsong era baru RONIta di workshop baru kami yang alhamdulillah sudah hak milik sendiri dan merupakan salah satu anugerah Alloh SWT yang kami peroleh melalui usaha kreatif dan menabung selama ini.

 

ronita-digital-printing.jpg

Creative Printing Specialist

 

Jika anda Ingin Konsultasi Usaha Digital Printing Large Format Menggunakan Roland Silakan Hubungi Kami disini

RONIta Digital Printing
Gg Mawar Desa Buaran Gardu No 121
Jl. Raya Viktor BSD, Tangerang Selatan, Banten
Phone 081282572628 (Hari dan Jam Kerja) 

--------------------------------------------------------------------------------------------

 

Leave a Comment