Panduan Membuka Usaha Sablon Kaos Digital

Posted by Ronita 22/11/2016 0 Comment(s) Sablon Digital,

Untuk sobat ronita yang berencana membuka usaha sablon kaos digital seperti ronita digital printing sebaiknya membaca artikel berikut ini. Dalam artikel ini kami mencoba sharing pengalaman kami menjalani usaha sablon kaos digital sejak tahun 2006 silam. Semoga dengan membaca sharing kami menekuni usaha sablon digital ini bisa membantu anda mengambil keputusan yang paling tepat untuk rencana usaha anda. Tidak ada salah dan benar dalam hal menentukan langkah usaha, semua hanyalah masalah kondisi mana yang paling ideal sesuai dengan kondisi kita.

Sebelum melangkah lebih jauh, baiknya kita jelaskan dulu usaha sablon kaos digital itu apa. Usaha sablon kaos digital itu adalah usaha yang memproduksi jasa sablon kaos dan produk kaos yang design atau gambarnya dicetak menggunakan teknik digital tanpa menggunakan film atau screen. Jadi produk yang bisa kita kembangkan secara garis besar ada dua yaitu :

  1. Jasa sablon, artinya kita melayani konsumen yang mau nyablon di aneka media seperti kaos, sweater, jaket, jumper, tas, sepatu dan sebagainya. Disini kita hanya melayani bukan memproduksi barang jadi dengan merk sendiri.
  2. Produksi barang jadi, artinya kita membuat aneka produk dengan proses sablon digital beserta turunannya kemudian kita jual dalam bentuk produk, contohnya jual kaos rossi seperti produknya ronita ini : KAOS ROSSI VR27 
  3. Gabungan keduanya yaitu jasa dan produk

Jadi itulah kira-kira produk dan jasa yang bisa kita kembangkan dengan menekuni usaha sablon digital.

Hal yang paling awal harus tentukan sebelum membuka usaha sablon digital adalah sablon digital yang mana yang mau anda tekuni? Secara garis besar ada 3 jenis usaha sablon digital sebagai berikut :

  1. Sablon digital berbasis heat transfer material. Sablon digital ini menggunakan material khusus yang sistem kerjanya di cutting, di print dan dicutting kemudian di press menggunakan mesin hot press ke media kaos atau media yang ingin kita sablon. Contoh bahan sablon digital dijenis ini adalah transfer paper, poliflex, flock, glitter dan sebagainya. Biasanya bahan berupa gulungan atau roll.
  2. Sablon digital DTG (direct print to garment). Sablon digital DTG menggunakan sistem print langsung ke material yang ingin kita sablon. Jadi yang bisa kita sablon hanya material yang bisa masuk ke printer yang kita pakai, biasanya harus material non 3D seperti kaos, kain yang masih potongan dan aneka media sejenis kaos lainnya. Kalo media seperti sepatu yang sudah jadi tidak bisa langsung disablon DTG. Metode ini tidak butuh peranta tetapi hanya butuh cairan coating yang harus disemprotkan sebelum proses sablon.
  3. Sablon digital sublimasi. Sablon digital sublim menggunakan transfer paper khusus sublime dan mesin hot press dalam proses sablonnya. Metode sublime sendiri sangat fleksibel dan hampir semua media yang bisa dicoating bisa di sablon dengan metode ini. Mulai dari kaos, mug, hard case dan sebagainya bisa disablon dengan metode ini. Metode sublim juga sangat ngetend saat ini terutama dengan kaos jerseynya serta print di aneka jenis kain yang sedang mewabah dimana-mana. Akan tetapi semua kembali lagi apakah metode ini cocok atau tidak dengan kita dan satu catatan metode sublim biasanya sangat mahal jika harus diaplikasikan ke kaos jenis katun, kaos katun adalah kaos yang biasa diproduksi distro2 seperti kaos barong bali ronita berikut : KAOS BARONG BALI

Oke, 3 hal di atas harus anda pilih, yang mana yang mau anda tekuni karena pilihan anda akan menentukan langkah selanjutnya yaitu pemilihan mesin dan peralatan penunjangnya. Berikut jenis peralatan sablon kaos digital berdasarkan jenis sablon digitalnya :

  1. Sablon digital berbasis heat transfer material membutuhkan peralatan sebagai berikut :
    - Printer ecosolvent (optional karena tanpa printer pun masih kita masih bisa jalan akan tetapi design terbatas)
    - Mesin cutting (sifatnya wajib karena tanpa mesin cutting akan kesulitan menghasilkan sablon yang bagus)
    - Mesin hot press (sifatnya wajib karena tanpa mesin hot tidak akan bisa nyablon) 
  2. Sablon digital DTG membutuhkan peralatan sebagai berikut :
    - Printer DTG, sifatnya wajib karena tanpa mesin printer sama saja kita tidak bisa nyablon
    - Semprotan coating, sifatnya wajib karena tanpa mesin coating kita tidak bisa nyablon, alatnya seperti spray gun
    - Mesin hot press, sifatnya wajib karena jika tidak di press atau dipanasin hasil sablon akan rontok
  3. Sablon digital sublimasi membutuhkan peralatan sebagai berikut :
    - Printer sublime, sifatnya wajib karena tanpa printer kita tidak akan bica cetak di transfer paper
    - Mesin hot press, sifatnya wajib karena tanpa mesin press tidak akan ada proses sablon.

Jika kita sudah menentukan jenis usaha sablon dan peralatan maka langkah selanjutnya adalah menentukan suplier kaosnya. Jangan lupa judul di artikel ini adalah usaha sablon kaos digital, artinya kita fokus ke sablon kaos saja. Tidak perlu membahas sablon mug, gelas dan lain sebagainya walau itu sebenarnya bisa diupayakan juga. Menentukan suplier kaos adalah masalah yang tidak mudah karena kalo kita ndak punya suplier kaos yang baik maka usaha sablon kita tidak akan berkembang dengan cepat. Saat ini banyak sekali suplier kaos di indonesia dengan kualitas dan harga bersaing, anda tinggal memilih mana yang paling sesuai dan paling dekat dengan anda serta pastikan suplier kaos anda adalah suplier besar agar memudahkan memilih stok warna dan jenis kaosnya.

Suplier kaos sudah dapat, kemudian apalagi yang harus kita lakukan? Suplier bahan baku seperti transfer paper, tinta dan beberapa bahan penunjang seperti masking dan sebagainya. Usahakan suplier bahan baku anda sama dengan suplier mesinnya agar lebih mudah walau tidak harus begitu juga sih. Yang penting pastikan bahan baku anda adalah bahan baku yang berkualitas karena tanpa bahan baku berkualitas hampir mustahil menghasilkan produk berkualitas seperti sablon kaos digital ronita yang tahan cuci seperti ini :

 

 

Sepertinya semua hal yang menyangkut peralatan dan bahan baku sudah kita bahas. Selanjutnya yang perlu anda siapkan adalah team atau SDM nya. Pasti anda akan butuh tukang setting, jika anda ingin memproduksi kaos keren dengan design-design sendiri maka anda harus punya seorang designer yang bisa membuat kaos dengan konsep sablon yang unik. Contohnya adalah kaos marquez ronita, kami membuat design sendiri agar kaos marquez kami tidak pasaran designnya sehingga mampu menempati ruang konsumen tersendiri. Selain tukang setting dan designer maka anda butuh operator sablon yang tugasnya nanti untuk mengoperasikan semua mesin dari awal sampe akhir. Tukang catat2 jangan lupa, kasir atau administrasi untuk mencatat semua orderan yang masuk serta mengatur pengiriman segala, jika bisa dipisah tapi kalo belum bisa ya digabung dulu tidak apa-apa yang penting dibuatkan sistem yang jelas.

Jika semuanya sudah maka langkah selanjutnya adalah memikirkan pemasarannya. Pemasaran bisa online, bisa juga offline atau gabungan online dan offline. Online bisa memanfaatkan sosial media atau market place, akan tetapi akan sangat baik jika anda memiliki toko online sendiri seperti ronita ini : TOKO ONLINE KAOS RONIta 

 

Oke sobat ronita, itulah kira-kira panduan umum jika anda ingin membuka usaha sablon kaos digital seperti ronita digital printing. Sekali lagi siapkan semua dengan matang dan jangan terpancing dengan omongan sales semata, pikirkan semua masak-masak terutama masalah mesin yang akan anda beli. Semoga panduan ini bisa membantu anda dan jika anda ingin lebih dalam lagi ngobrolin ini silakan komen atau datang ke workshop ronita.

 

Salam Kreatif

Leave a Comment