Panduan Pengecatan Motor dan Helm Menggunakan Water Decal

Posted by Ronita 30/01/2017 2 Comment(s) Otomotif Digital,

Pengecatan motor dan helm adalah salah satu pengecatan yang sering dilakukan oleh banyak orang. Mulai dari sekedar coba-coba sampai dalam bentuk usaha yang serius dan bisa menghasilkan keuntungan. Peluang usaha jasa pengecatan motor dan helm sendiri sangatlah bagus di Indonesia ini karena pertumbuhan pemakai motor dan helm terus meningkat setiap tahun di setiap daerah secara merata. Pertumbuhan yang positif itu memunculkan segmen konsumen baru yaitu konsumen yang ingin memodifikasi tampilan motor dan helmnya. So dengan menggarap lebih detil segmen konsumen ini maka kita bisa meraih untung yang optimal.

 

Untuk bisa membuka usaha jasa pengecatan motor dan helm biasanya menggunakan metode air brush atau membeli lisensi dari pabrik seperti yang dilakukan dealer motor di beberapa kota besar. Metode air brush adalah metode yang paling umum dipakai karena lebih kecil modalnya dibandingkan membeli lisensi dari pabrik seperti dealer motor. Akan tetapi kedua metode di atas memiliki beberapa kekurangan semisal untuk air brush proses lama dan membutuhkan tenaga brusher yang ahli sedangkan biasanya brusher ahli ndak mau jadi karyawan sehingga bagi kita yang sudah punya printer roland dan tidak bisa nge-brush pasti akan kesulitan. Kendala beli lisensi sebenarnya sama saja, kita akan butuh tenaga ahli untuk cat dan modalnya pun sangat besar untuk membeli peralatannya serta tempat operasionalnya.

 

So salah satu solusinya gimana? kita pakai saja printer ecosolvent untuk menjadi tukang cat he he he. Karena dengan printer ini kita hanya butuh tukang pasang dan tukang cat dan vernish yang biasanya tidak serumit kalo ber-urusan dengan brusher ahli, bahkan kalo kita mau tekun belajar kita pun bisa melakukannya sendiri. Oke kalo begitu mari kita bahas bagaimana mengecat motor dan helm menggunakan water decal otomotif produksi ronita.

 

Pengetahuan Dasar Tentang Pengecatan
 

Pertama kita harus memutuskan standar pengecatan yang akan kita lakukan, secara simplenya ada 2 standar pengecatan yang bisa kita tempuh saat ini :

  1. Pengecatan menggunakan cat semprot, seperti kita ketahui saat ini banyak sekali produk cat semprot yang kualitasnya sangat bagus. Dengan cat semprot kaleng ini kita tidak perlu investasi peralatan yang mahal dan cocok untuk pemula. Cat semprot yang bagus adalah samurai paint, pilox, rj dan aerox. Untuk samurai paint bahkan ada seri vernish 2K yang tidak dipunyai merk lain saat ini.
  2. Pengecatan menggunakan spray gun, metode ini memang lebih mantap dan lebih berkelas, akan tetapi membutuhkan modal dan ruangan khusus. Yang jelas kita akan butuh spray gun, kompressor, ruang oven atau pengeringan.

Untuk ruangan sebaiknya sediakan ruangan yang memiliki ventilasi khusus agar ketika proses pengecatan tidak bau dan kotor. Listrik juga jangan lupa karena jika listrik tidak memadai maka kita akan kesulitan melakukan pengecatan dengan baik. Oke jika masalah metode dan ruangan sudah siap maka kita tinggal bicara tentang cat itu sendiri.

Untuk melakukan pengecatan kita akan butuh pemahaman beberapa hal berikut ini :

  1. Epoxy, merupakan lapisan dasar yang akan membuat cat menempel di permukaan benda dengan baik. Jadi epoxy ini seperti lapisan dasar sebelum kita menyemprotkan cat, dia sifatnya menempel di media dengan baik dan mampu mengikat cat dengan baik juga. Epoxy mengikuti jenis benda, epoxy untuk media plastik akan beda dengan media besi dan bahkan untuk plastik pp pun epoxynya beda. Untuk lebih detilnya anda bisa langsung datang ke toko cat dan mereka pasti bisa menerangkannya dengan sangat baik, tapi ingat toko catnya jangan toko cat tembok ya. Toko cat mobil atau motor tempatnya.
     
  2. Cat, jenis cat itu macem-macem, akan tetapi yang biasa kita pakai untuk pengecatan motor menggunakan water decal ini adalah cat NC. Cat NC memiliki sifat lebih cepat kering sehingga mempercepat proses kerja. Cat dasar untuk proses pengecatan digital ini pada dasarnya tidak terlalu signifikan karena nantinya akan tertutup oleh decal yang kita pasang. Jadi kita tidak terlalu membutuhkan jenis cat yang neko-neko disini.
     
  3. Vernish, vernish yang sangat cocok adalah yang jenis 2K (2 komponen) yaitu vernish yang terdiri dari clear dan hardener sehingga hasil clear akan keras dan mengkilap seperti resin. Jika kita salah memilih jenis vernish maka hasil pengecatan tidak akan maksimal. Konsultasi aja ama toko cat pasti mereka akan sangat senang menjelaskan ke anda asal anda belanja jangan cuman tanya-tanya aja he he he.
     

Oke sobat ronita, selanjutnya kita bahas tahapan pengecatannya ya 
 

Tahapan pengecatan motor dan helm menggunakan water decal adalah sebagai berikut :

  1. Design, buatlah design secara presisi ukurannya sehingga decal bisa menempel ke media dengan baik. Disini butuh kemampuan design yang baik untuk menghasilkan hasil cat yang sempurna. 



    pengecatan motor
     
  2. Lakukan pelepasan bagian yang akan dicat dengan baik dan benar. Persiapkan body motor atau helm sembari menunggu proses design selesai. Persiapan disini meliputi amplas halus permukaan media (jika dia bekas cat atau banyak kotoran harus dibersihkan sampe benar-benar bersih). Setelah proses amplas selesai lakukan epoxy dan pengecatan warna dasar sesuai design yang kita inginkan. Keringkan sampai benar-benar kering dan hasil cat bagus, jika hasil cat tidak bagus atau tidak mulus sebaiknya di ulang dulu agar nanti pas di pasang decal tidak boncel atau bopeng.


     
  3. Jika design sudah siap maka segera siapkan decal sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan. Print decal menggunakan printer ecosolvent (kalo ronita pakai roland BN20) dengan kualitas hi-res agar hasil maksimal.

    proses print water slide decal
     
  4. Setelah decal di print lakukan cover coat atau coating terhadap decal tersebut secara merata. Tujuan covercoat ini untuk membuat decal lentur sehingga mudah dipasang.
     
  5. Jika coating sudah kering lakukan cutting sesuai pola dan potong decal sesuai bagian-bagiannya.
     
  6. Lakukan penempelan decal sesuai posisi dengan baik dan benar (ronita memiliki pelatihan jika anda membutuhkan pelatihan pemasangan decal di body motor dan helm)

    water decal
     
  7. Keringkan decal, biasanya setelah pemasangan kita diamkan sekitar 3 jam baru naik vernish
     
  8. Untuk proses vernish lakukan secara tipis-tipis saja. Biasanya kita butuh 3 layer untuk menghasilkan hasil vernish yang bagus dan tebal.
     
  9. Untuk membuat vernish mengering sempurna lakukan oven di ruang oven dengan suhu sekitar 40 derajat selama 3 jam atau sampai dia kering.
     
  10. Setelah kering proses selanjutnya adalah finishing yang meliputi compound dan poles untuk mendapatkan hasil vernish yang keras dan kinclong.
     
  11. Perakitan kembali seperti semula
     
  12. Finish


Nah gimana sob, simple kan pengecatan motor dan helm menggunakan water decal ini. Salah satu hal yang paling jelas dan tidak perlu kita lakukan adalah buka tutup selotip yang biasa pasti dilakukan jika kita memakai metode air brush atau painting manual. Di proses air brush atau painting manual setiap ganti warna kita harus pakai selotip untuk nutup dan sebagainya, proses ini sangat rumit. Sedangkan pengecatan dengan water decal semua model design bisa kita cetak di water decal kemudian kita tempel ke media yang akan di cat.

 

 

 

pengecatan motor

 

Oke sobat ronita, itulah panduan pengecatan motor dan helm menggunakan water decal otomotif produksi ronita. Jika anda merasa peluang usaha ini cocok dengan usaha anda dan ingin tahu lebih lanjut maka jangan sungkan untuk kontak kami. Komen di artikel ini bisa atau telpon ke kami juga bisa. RONIta Digital Printing menyediakan paket usaha dan pelatihan bagi anda yang membutuhkan agar lebih cepat proses pengembangan usahanya.

 

2 Comment(s)

SANDHY PRABHAKTI:
30/03/2018, 11:10:57 AM
Reply

Met siang Admin... Mohon infonya mengenai pelatihan dan rincian biaya yang harus di keluarkan... Apakan ronita menerima jasa print design juga? Terimakasih...

Restu singgih:
17/10/2018, 07:49:07 PM
Reply

Maaf min.. Bagusan water decal apaa repaint yah klo. Untuk helmm.. ?? Mohon penjelasan.y min..??

Leave a Comment