Jasa Print Sticker Stabilo di RONIta

Posted by RONIta 06/06/2018 0 Comment(s) Printing Digital,

Sticker Stabilo atau Sticker Fluorescent adalah sticker yang warnanya sangat cerah atau bahasanya jawanya nyeter. Apalagi jika terkena cahaya dia akan semakin cerah dan mudah terlihat, hal ini disebabkan warna stabilo bersifat sangat menyerap cahaya. Akan tetapi sifat ini membuatnya lebih cepat pudar jika dibandingkan warna biasa. Jadi cepat pudarnya warna stabilo tidak selalu dipengaruhi merk tetapi memang karena karakter warna tersebut. Biasanya untuk sticker yang kualitasnya jelek dia tidak akan bertahan sebulan untuk outdoor sedangkan untuk merk bagus bisa 8-12 bulan di outdoor. So kami sarankan untuk selalu memakai sticker stabilo merk bagus agar tidak mudah pudar.

 

 

Warna stabilo paling terkenal adalah warna stabilo rossi atau kuning lemon dan warna ini memang paling banyak dibandingkan warna lainnya. Warna stabilo lainnya selain kuning lemon ada warna merah, pink, hijau, oranye dan biru. Akan tetapi kami untuk saat ini hanya stock yang warna rossi saja, jika anda ingin memesan warna lain harus pesan terlebih dahulu. 

 

Metode Print dan Cutting Sticker Stabilo

Mencetak sticker stabilo artinya kita mencetak di atas permukaan media yang berwarna (bukan dasar putih) sehingga dibutuhkan metode khusus untuk mendapatkan design yang sesuai kita inginkan. Metode cetak ini bisa kita bagi sebagai berikut :
 

  1. Cetak Tanpa Tinta Putih
    Cetak tanpa putih biasanya hanya bisa dilakukan jika warna yang kita cetak berwarna lebih gelap dibandingkan warna stabilo dan biasanya hanya efektif untuk warna hitam saja. Kalo misal kita mencetak warna selain hitam maka warna akan tercampur dengan warna dasar stabilo tersebut. Misal kita mencetak warna biru di atas sticker stabilo kuning maka hasilnya akan menjadi hijau.

    Jadi kesimpulannya, mencetak sticker stabilo tanpa tinta putih hanya efektif kalo yang kita cetak adalah warna lebih gelap dari warna stabilonya. Untuk mencetak tanpa tinta putih bisa menggunakan printer ecosolvent EPSON S80670 atau printer uv MIMAKI UCJV 300-160. Hasil tinta uv lebih pekat dibandingkan tinta ecosolvent.
     
  2. Cetak Dengan Tinta Putih
    Cetak dengan tinta putih bisa memberikan hasil yang lebih sempurna dibandingkan tanpa tinta putih, akan tetapi kita harus memahami persiapan filenya karena dibutuhkan file dua layer yaitu layer putih dan layer cmyk atau layer warna agar kita bisa mencetak dengan tinta putih. 

    Tinta putih bisa berfungsi sebagai underbase yaitu tinta dasar yang akan menjadi blocking dan dasar warna di atasnya. Akan tetapi tinta putih juga bisa berdiri sendiri sebagai bagian dari design yang memang ingin ditampilkan dalam warna putih. Untuk mencetak stiker stabilo dengan tinta putih maka printer yang bisa dipakai dengan baik adalah printer uv MIMAKI UCJV 300-160.

 
Kiri Contoh Tanpa Tinta Putih dan Kanan Contoh Dengan Tinta Putih

 

Sedangkan untuk metode cuttingnya tetap seperti biasa yaitu kiss cut atau die cut. Tentu sudah paham kan kalo kiss cut itu potong tidak sampe tembus backing paper sedangkan die cut adalah pemotongan sampe tembus backing papernya.

 

  
Kiri Kiss Cut dan Kanan Die Cut

 

Aplikasi Produk Memakai Stiker Stabilo

Sticker stabilo bisa diaplikasikan ke berbagai produk mulai dari label, sign atau rambu-rambu, decal motor dan mobil pun bisa. Untuk bahan sticker stabilonya sendiri di RONIta memakai dua bahan yaitu ORACAL 6510 yang kita pakai untuk motor dan mobil dan satunya menggunakan RDS Grade Otomotif Stabilo yang kami pakai untuk skin, ganci dan aneka souvenir lainnya.

 

Untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu per satu sob.

 

A. Sticker Decal Motor dan Mobil

Di RONIta, untuk saat ini pemakaian sticker stabilo paling banyak untuk membuat decal motor karena meniru warna-warna pembalap motogp. Seperti yang kita tahu bahwa semua pembalap motogp menggunakan warna stabilo untuk livery motornya.

 

 

 

 

B. Sticker Label

Stiker stabilo juga bisa dipakai untuk label seperti contoh berikut ini

  

 

  

 

C. Sticker Handphone dan Laptop

Salah satu produk yang ronita punya adalah skindrom untuk handphone dan laptop yang kami buat menggunakan sticker stabilo karena warnanya banyak disukai konsumen terutama para penggemar motogp.

 

 

 

Tentu kita merasa senang melihat aneka sample tersebut karena memang warna stabilonya benar-benar keluar bukan sekedar editing preview semata. Nah untuk bisa membuat cetakan seperti ini maka harus selalu anda ingat bahwa filenya pun harus terdiri dari dua layer yaitu layer warna dan layer putih baik sebagai underbase maupun sebagai tinta sendiri. Tidak bisa kita asal ambil gambar jpg atau bitmap kemudian langsung print di atas sticker stabilo dan jadi keren seperti ini.

 

D. Sticker Timbul Stabilo

Sama seperti bahan stiker lainnya maka sticker stabilo pun juga bisa dibuat timbul dengan menggunakan resin. Dengan warna stabilo yang cerah maka stiker akan terlihat lebih mewah lagi kalo diberi resin sehingga muncul efek 3D dan super glossynya.

  

 

Leave a Comment