Sablon Mug Menggunakan Water Decal

Posted by Ronita 09/09/2016 0 Comment(s) Sablon Digital,

Untuk membuat gambar atau motif atau design sebuah mug banyak sekali cara dan metodenya, misal dengan cara dilukis, di sablon dan dibakar seperti umumnya pabrik mug, bisa juga dengan cara di hot press menggunakan tinta sublim atau bisa juga menggunakan water decal digital. Semua metode tadi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, karena itu biasanya sang pembuat mug akan menyesuaikan dengan tujuan atau pemakaian mug tersebut sehingga di peroleh cara yang simple dan paling mudah. Kali ini ronita akan menunjukkan sebuah proses yang bisa dibilang mudah tetapi juga tidak mudah banget, yaitu proses sablon mug dengan water decal digital. Water decal digital adalah water decal yang dapat di print di printer cetak, kebetulan kami menggunakan printer roland BN20, walaupun semua jenis printer roland bisa dipakai cetak water decal produksi ronita ini.

 

sablon mug menggunakan water decal digital

 

Mari kita jelaskan dahulu agar anda paham dan tidak salah memahaminya :

  1. Water decal ini sudah kami modifikasi sehingga bisa dicetak di tinta ecosolvent terutama printer roland berbasis ecosolvent. Tidak bisa dicetak di printer uv karena decal akan getas, tidak bisa dicetak di printer indoor karena coatingnya beda tetapi kalo di printer laser atau toner masih bisa. Water decal ini sama seperti yang ada di pasaran akan tetapi produksi ronita lebih spesifik coatingnya untuk printer roland berbasis ecosolvent.
     
  2. Produksi mug dengan water decal ini memerlukan finishing atau proses akhir agar hasil sablonnya kuat dan tahan gores. Biasanya dilakukan coating untuk hasil paling maksimal akan tetapi umumnya kalo dicoating menjadi tidak aman untuk makanan atau tidak grade food, cocoknya hanya untuk pajangan atau hiasan saja. Selain coating ada juga metode finishing yang lebih aman untuk grade food tetapi untuk pemakaian pribadi bukan untuk restoran atau sekala besar yaitu di oven pada suhu 250 derajat. Proses oven ini akan membuat pengeringan decal menjadi lebih sempurna dan menempel jauh lebih baik serta lebih tahan gores walaupun kalo anda gores dengan kuku atau benda tajam pasti rusak.
     
  3. Proses pembuatan mug ini alurnya adalah beriku, gambar atau design di print menggunakan printer roland, setelah di print water decal diberi cairan coating agar lebih lentur dan memudahkan proses pemasangan, proses terakhir adalah pemasangan sekaligus pengeringan. Setelah water decal menempel dengan baik maka diam kan sehari baru anda bisa melakukan oven ataupun coating

Sangat mudah prosesnya kan karena tidak memerlukan metode yang rumit seperti sablon screen. Kelebihan dari metode water decal digital ini adalah sebagaik berikut :

  1. Mug yang dipakai bisa mug apa saja tanpa memerlukan syarat khusus
  2. Bisa menggunakan tinta metallic jika anda menggunakan printer roland BN20 atau printer rolan lainnya yang dilengkapi tinta silver metallic
  3. Proses cepat dan jika ada kerusakan bisa diulangi dengan cara cepat (walau tidak secepat sublimasi)
  4. Hasilnya lebih unik dan menarik

Kelemahan metode ini adalah :

  1. Hasil sablon bisa dikerik jika tidak dicoating ataupun di oven
  2. Jika di coating maka hasilnya cenderung tidak aman untuk penggunaan makanan karena kadang kita tidak tahu apakah coating yang dijual di pasaran aman untuk makanan atau singkatnya belum FOOD GRADE. Artinya hanya cocok untuk pajangan saja tidak untuk rumah makan

So solusi terbaik adalah memberi tahu konsumen informasi yang jelas sehingga mereka bisa menggunakan mug ini sesuai dengan tujuannya. Jika untuk pajangan so tidak akan pernah ada masalah dengan sablon mug water decal digital ini karena dia menempel dengan baik sekali.

 

sablon mug water decal digital

 

Silakan cek video pemasangan dan hasil water decal digital produksi ronita disini :

 

 

Salam Kreatif
www.ronitadp.com

Leave a Comment