KERTAS SABLON RONIta

Posted by Ronita 15/06/2022 0 Comment(s) Sablon Digital,

Kertas Sablon RONIta adalah water side decal yang DICETAK oleh ronita digital printing, jadi kalo bukan cetakan ronita tidak kita sebut kertas sablon (walau anda beli bahan polos dari ronita karena itu hanya bahan bukan cetakan ronita).

 

 

Proses dicetak ini ada 3 tahap yaitu proses sebelum cetak, proses cetaknya dan sesudah cetak atau finishingnya. Disini yang kita jual adalah hasil cetaknya sehingga konsumen tinggal pakai atau tinggal pasang dan finishingnya saja. Untuk itu sangat penting memahami karakter kertas sablon ronita agar nanti tidak salah pilih dan salah finishing.

 

JENIS KERTAS SABLON RONIta

  1. Kertas Sablon UV
    Adalah water slide decal ronita yang dicetak menggunakan tinta uv gell dan basis kertasnya adalah transparan (bening).

    Kertas sablon uv ini bisa memakai tinta putih mengikuti pola gambar (tidak ngeblok). Hasil cetaknya sedikit timbul sesuai dengan karakter tinta uv, kalo diraba akan kerasa sob. Hasil cetak uv ini tahan gores dan jika sudah mengering (apalagi jika di oven) akan semakin keras dan kuat daya tempelnya. Kelemahannya jika ingin di vernish agak susah harus lambat proses vernishnya, silakan cek disini tutorial vernishnya TUTORIAL VERNISH 

    Kertas sablon uv ini memiliki varian paling lengkap karena adanya tinta putih sebagai berikut :
    - CMYK Only, cetak hanya warna saja tanpa di dasarin tinta putih tanpa cutting sesuai pola
    - CMYKCt, cetak hanya warna saja tanpa di dasarin tinta putih dengan cutting sesuai pola
    - CMYKWh, cetak warna full color dengan dasar tinta putih tanpa cutting sesuai pola
    - CMYKWhCt, cetak warna full color dengan dasar tinta putih serta cutting sesuai pola

    Semua varian di atas bisa langsung dipasang tanpa perlu di vernish dulu, jadi tinggal gunting dan langsung pasang saja bisa. Selain itu sisa lemnya juga akan lebih mudah dibersihkan menggunakan minyak kayu putih sob. Akan tetapi ada beberapa konsumen yang merasa kesusahan untuk memasangnya, kesulitan ketika vernish untuk finishing. Oleh karena itu kita sediakan opsi COAT setelah kertas sablon di print.

    Fungsi coat ini sebagai masking agar lebih mudah lagi dipasang dan ketika disemprot vernish tinta lebih kuat menahan thiner yang ada di dalam vernish. Sebenarnya kalo saran kita sih tidak perlu pakai COAT untuk kertas sablon uv ini karena dengan cara yang benar, baik pas masang maupun vernish akan tetap mudah saja bahkan kalo di coat akan membuat sulit membersihkan sisa lemnya sob, coba saja cek kembali cara vernish disini ya TUTORIAL VERNIS agar tidak perlu memakai varian coat.

    Kertas sablon uv ini juga paling kuat daya rekatnya sob, apalagi jika didasarin tinta putih maka hasilnya sudah sama dengan hasil print uv flatbed. Agar lebih kuat lagi pas proses pengeringannya bisa menggunakan hot gun atau kalo bisa di oven akan lebih bagus lagi. Hot gun atau oven akan membuat tinta mengeras dan menempel dengan lebih sempurna.

    Kelemahan kertas sablon uv ini adalah sifatnya getas, jadi kalo untuk area yang besar seperti helm dan body motor kurang cocok karena akan mudah pecah atau retak. Selain itu jika area besar akan susah proses vernishnya karena harus melakukan proses vernish ber layer layer untuk mencapai ketebalan yang sama dengan tebal tinta. Intinya sih kertas sablon uv TIDAK DISARANKAN untuk pengecatan yang area besar dan ingin vernish tenggelam.

    Kertas sablon uv ini sangat cocok untuk sablon di media acrylic, kaca, kayu, metal, mug, piring, cangkir, botol plastik, thumbler, gelas kaca, keramik dan sebagainya. Intinya jika ingin sablon simple tanpa harus ribet finishing maka kertas sablon uv bisa jadi opsi utama.


    Contoh aplikasi kertas sablon uv di berbagai media

    Dari beberapa contoh di atas yang agak rumit biasanya di media gelas kaca, media gelas kaca wajib menggunakan varian yang ada putihnya agar daya rekatnya lebih sempurna sob. Untuk lebih jelasnya bisa anda cek tutorial khusus pemasangan kertas sablon uv ronita di gelas kaca berikut ini :


     
  2. Kertas Sablon Laser Toner
    Adalah water slide decal ronita yang dicetak menggunakan tinta serbuk atau tinta toner atau biasa disebut juga printer laser dan basis kertasnya adalah transparan (bening).

    Kertas sablon laser toner ini finishingnya wajib di vernish ya sob karena kalo tidak di vernish dia tidak akan tahan gores seperti kertas sablon uv (disini yang tidak kuat atau tidak tahan gores itu tinta tonernya). Jadi sekali lagi WAJIB DI VERNISH setelah pemasangan untuk kertas sablon laser toner ini. Dan untuk kertas sablon toner ini sisa lemnya juga tidak bisa dibersihkan menggunakan minyak kayu putih karena sifat tinta toner belum tahan minyak sob. Solusinya di vernish sob karena vernish akan membuat sisa lem menyatu dan tidak terlihat asala vernish kamu baik dan benar.

    Untuk proses pemasangan sama seperti uv bisa langsung pasang tanpa perlu dipilox terlebih dahulu. Vernishnya jauh lebih simple dibandingkan vernish kertas sablon uv, anda bisa langsung vernish tanpa harus melakukan pengeringan di setiap layernya. Bahkan kertas sablon laser toner ini relatif paling mudah di vernish serta tahan dengan vernish 1K maupun 2K. 

    Varian kertas sablon laser toner ronita adalah berikut :
    - CMYK Only, ceta full color tanpa didasarin tinta putih
    - CMYKCt, cetak full color tanpa didasarin tinta putih plus dipotong sesuai pola

    - CMYKCtCoat, cetak full color tanpa didasarin tinta putih plus potong sesuai pola dan setelah di print dikasih coat agar lebih mudah dipasang atau tidak mudah kelipet atau jebol ketika dipasang.

    Kertas sablon laser toner ini keunggulannya murah dan tipis, nanti kita akan buatkan artikel khusus bagaimana mengoptimalkan kertas sablon laser toner ini ya sob. Akan tetapi sayangnya kertas sablon laser toner ini hanya 4 warna dan cenderung gelap hasil cetaknya sehingga perlu diperhatikan banget ya filenya sob.

     


    Contoh aplikasi kertas sablon laser toner ronita
     
  3. Kertas Sablon Ecosolvent
    ​Adalah water slide decal ronita yang dicetak menggunakan tinta ecosolvent dan basis kertasnya adalah white atau putih (bukan bening). Kertas sablon ecosolvent ini ditujukan sebagai alat bantu pengecatan helm, body motor, tangki motor, velg motor dan sejenisnya. Karena fungsinya sebagai alat bantu pengecatan maka kertas sablon ini hanya cocok untuk apikasi painting atau air brush ya sob.

    Varian kertas sablon ecosolvent ini adalah sebagai berikut :

    - Print & Cut, cetak full color plus cutting kiss cut sesuai pola

    Boleh dibilang kertas sablon ecosolvent ini seperti sticker vinyl tetapi memiliki ketebalan yang sangat tipis sehingga sangat mudah untuk di vernish bahkan dia juga bisa sistem tumpuk sob. Walau sudah sistem tumpuk tetap mudah untuk di vernish karena sangat tipis. 

    Kelebihan lain kertas sablon ecosolvent ini dicetak menggunakan tinta 10 warna sehingga warnanya sangat cerah dan gamutnya pun luas. Bahkan bisa mendekati warna warna khusus seperti warna stabilo sob. Akan tetapi kelemahannya warna dasar putihnya ngeblok sehingga tidak bisa membuat decal transparan dengan warna putih yang bisa mengikuti pola.




    Contoh aplikasi kertas sablon ecosolvent ronita
     
  4. Kertas Sablon Khusus Keramik
    Adalah water slide decal yang pemakaiannya hanya untuk media keramik mulai dari piring, mug, asbak dan media lain yang terbuat dari keramik. Kenapa kertas sablon atau water slide decal ini khusus untuk keramik, karena finishingnya wajib oven di suhu 200-250 derajat selama 30-60 menit. Karena proses finishing yang panas ini maka dia hanya cocok untuk media keramik ya sob. Kalo misal kita paksa untuk pasang di media lain maka tidak akan bagus karena warna coating dari kertas sablon ini kuning sehingga tidak menunjukkan warna asli gambarnya.



    Penampakan kertas sablon keramik sebelum dipasang adalah kuning seperti ini sob, jika sudah benar ovennya maka warna kuning akan menguat dan coatingnya mengeras. Jadi kalo kita paksakan kertas sablon ini tanpa oven maka gambarnya tidak akan tampil sempurna. Warna kuning ini sengaja dipakai untuk indikator sukses atau tepat tidaknya proses oven yang kita lakukan. Disinilah tantangan sebenarnya sob, proses ovennya ribet dan bener bener harus kita kuasai.

    Jika kita sudah bisa menguasai ovennya maka menyablon aneka keramik akan sangat mudah dan menyenangkan sob, karena kita sudah tidak perlu lagi vernish yang ribet. Kita tinggal pasang kemudian oven setelah itu selesai, jika kamu ingin melihat prosesnya bisa cek di video tutorial berikut



    Kertas sablon atau water slide decal keramik ini belum kita jual saat kita nulis artikel ini sob, karena kita masih testing testing agar nanti bisa kasih info yang bener bener detil untuk kalian. Intinya pas kalian makai sudah tinggal enaknya saja tanpa harus ribet nyari settingan lagi.

    Decal keramik sendiri sangat berguna atau sangat enak untuk membuat cetakan yang sifatnya full seperti ini, karena setelah di oven maka dia akan lebih menyatu dengan media keramiknya. Akan tetapi ya perlu diingat bahwa decal ini hanya cocok untuk media keramik atau perselin ya sob.



    Ketika sudah di oven maka warna yang dihasilkan sesuai dengan warna aslinya. Akan tetapi ketika belum di oven warna cetakan cenderung kuning, dan warna kuning ini dibuat untuk memudahkan pemantauan proses oven apakah sudah matang atau belum. Jika sudah matang maka warna kuning akan hilang semua. Berikut contoh decal keramik yang belum di oven

 

 

 

 

Leave a Comment