Water Slide Decal RONIta

Posted by Ronita 26/10/2021 0 Comment(s) Printing Digital,

Water slide decal adalah media transfer yang menggunakan air untuk memindahkan gambar hasil cetak ke media yang akan ditempelin gambar tersebut. Secara umum water slide decal dicetak menggunakan sistem sablon screen akan tetapi karena era digital sudah cukup maju maka water slide decal pun bisa dicetak menggunakan sistem digital. Nah untuk bahasan disini kita lebih fokus ke water slide decal yang dicetak menggunakan sistem cetak digital ya sob, sesuai dengan basis ronita sebagai perusahaan cetak digital. 
 

Dan disini yang akan kita bahas detil adalah water slide decal ronita, yaitu water slide produksi ronita digital printing yang sudah dimodif menyesuaikan mesin cetak ronita digital printing. Jadi tidak serta merta bahan kita bisa dicetak mesin lain dengan settingan yang sama. Itu juga kenapa kita tidak menjual bahan mentahnya tetapi lebih ke menjual jasa cetak water slide decal.
 

KARAKTER WATER SLIDE DECAL RONIta

  1. Transparan, jadi water slide decal yang utama adalah transparan atau bening. Water slide decal transparan bisa dicetak tanpa tinta putih dan bisa dicetak juga dengan tinta putih. Akan tetapi kami juga akan memproduksi water slide decal putih agar tidak perlu memakai tinta putih terutama untuk gambar yang tidak memerlukan transparansi.
  2. Ukuran 50x70 cm, akan tetapi area cetaknya hanya 40x60 cm menyesuaikan mesin cutting
  3. Bisa langsung dipasang tanpa perlu dicoating atau dipilox terlebih dahulu
  4. Merupakan water slide decal vernish bukan decal bakar, decal vernish itu maksudnya water slide decal yang finishing akhirnya di vernish agar bisa menyatu dengan media yang ditempelinnya. Kalo water slide decal bakar biasanya yang dipakai industri keramik dimana finishingnya di oven suhu tinggi 800-1000 derajat sehingga tinta menyerap ke pori pori media dan menyatu. RONIta tidak memproduksi decal bakar ini, water slide decal kita lebih water slide decal vernish atau pengecatan.
  5. Untuk proses cetak menggunakan tinta uv sehingga hasil cetakan jika diraba akan terasa timbul sedikit. Akan tetapi tinta uv kita jenisnya soft sehingga cukup lentur mengikuti karakter water slide decal yang lentur dan tipis


 

Penjelasan tentang water slide decal ronita bisa anda lihat di video ronita berikut :

 

 

VARIAN WATER SLIDE DECAL RONIta

Varian atau jenis water slide decal ronita jika dilihat dari cara cetaknya bisa dibagi menjadi beberapa jenis sebagai berikut sobat ronita :

  1. CMYK Only, water slide decal yang dicetak dengan menggunakan tinta warna saja tanpa ada dasaran tinta putih. Water slide decal CMYK Only ini hanya bisa ditempel di media berwarna terang dan akan sangat bagus kalo warna dasar medianya putih. Akan tetapi jika ditempel di media gelap dia tidak akan terlihat terutama jika warna dasarnya hitam.
  2. White+CMYK, water slide decal yang dicetak menggunakan tinta warna dan didasari tinta putih. Jadi prosesnya tinta putih dicetak terlebih dahulu kemudian baru tinta warna dicetak di atasnya. Tinta putihnya dicetak mengikuti pola warna (bukan ngeblok) jadi bagian water slide decal yang tidak terkena tinta akan tetap transparan. Jenis decal ini bisa ditempel di media warna apa saja, baik putih atau gelap akan tetap terlihat bagus dan cerah. Varian ini jika kita balik proses cetaknya yaitu CMYK mirorr baru kemudian putih maka dia akan menjadi water slide mirror yang bisa ditempel dari dalam untuk media bening seperti kaca dan acrylic. Sangat cocok untuk membuat plakat atau kerajinan berbasis acrylic.
  3. White Only, water slide decal yang dicetak menggunakan tinta putih saja tanpa ada warna lainnya. Jenis water slide decal ini bisa menempel di media berwarna apa saja termasuk yang berwarna bening atau transparan. Biasanya digunakan untuk media seperti botol bening, gelas bening, botol hitam dan sebagainya.

Untuk detilnya sobat ronita bisa lihat videonya disini ya

 

 

Aplikasi Water Slide Decal RONIta

Karena water slide decal ronita merupakan water slide decal ronita maka aplikasinya tidak langsung sama dengan water slide decal bakar atau water slide decal keramik. Yang harus diingat betul adalah water slide decal ronita tidak bisa dibakar seperti halnya water slide decal sablon screen. Dan untuk hasil terbaik water slide decal harus di vernish atau di coating setelah pemasangannya.


 

 

 

 

Dari beberapa contoh aplikasi water slide decal di atas yang utama adalah finishing water slide decal ronita harus di vernish sehingga cetakan menyatu dan kuat dipakai tahunan. Apabila tidak di vernish maka water slide tidak akan bisa kuat atau menyatu dengan medianya. Akan tetapi banyak media yang bisa ditempel water slide decal tetapi susah di vernish, kalo velg helm piring dan body motor adalah media yang mudah di vernish jadi tidak terlalu problem untuk memvernishnya. Sedangkan untuk cangkir, gelas, thumbler, botol minum termasuk media yang susah untuk di vernish. Oleh karena itulah akhirnya kami mencoba melakukan pengembangan agar water slide decal bisa ditempel dimedia tersebut tanpa harus perlu memvernishnya dan masih kuat dipakai untuk keperluan harian.

 

Pengembangan Water Slide Decal RONIta

Berangkat dari keinginan membuat water slide decal yang bisa dipasang tanpa perlu finishing vernish terutama untuk media cangkir enamel, mug stainless, botol plastik, tumbler dan sejenisnya maka kita memodifikasi water slide decal ronita menjadi kertas sablon ronita. 

 

Secara fisik tidak ada perbedaan kertas sablon dengan water slide decal, hanya saja kita bedakan di ukuran yaitu kertas decal hanya ada ukuran A3 (30x40cm)

 

 

Kertas sablon ronita adalah water slide decal yang diperkuat lemnya dan diberi overcoat sebagai penguat hasil cetakan water slide. Dan dengan membuat variasi over coat inilah kita mengembangkan kertas sablon ke berbagai media seperti piring, gelas plastik, mug enamel dan sebagainya. Intinya kita mencoba membuat metode transfer image menggunakan kertas sablon yang tidak perlu di vernish tetapi sudah kuat dipakai secara normal atau sebagai souvenir. Hal ini sangat penting karena untuk mempermudah proses produksi.

 

 

 

Leave a Comment