Design Berikut Tidak Cocok Untuk Sablon Transfer Paper

Posted by Ronita 24/11/2016 1 Comment(s) Sablon Digital,

Semua metode sablon kaos pasti memiliki beberapa titik kelemahan, begitu pula dengan metode sablon digital kaos transfer paper. Transfer paper sifatnya menempel di atas kaos, beda dengan tinta sablon screen yang sifatnya meresap ke dalam pori-pori kain. Walau ada jenis tinta sablon screen yang sifatnya menempel atau tidak menyerap tetapi tinta tersebut tetap soft karena memiliki elastisitas yang tinggi. Sedangkan transfer paper walaupun ada yang sangat soft atau lentur seperti TRANSFER PAPER ronita tetapi tetap saja dia tidak memiliki daya serap ke kain sebagus tinta.

Karena itulah jika terlalu ngeblok maka sablon digital berbasis transfer paper terasa lebih kaku dan tidak terlalu enak dipandang hasilnya. Kelemahan transfer paper seperti ini bisa kita atasi dengan beberapa cara sebagai berikut :

  1. Pilihlah jenis transfer paper yang paling tipis dan lentur terutama untuk sablon berukuran besar
  2. Jika anda memilih heat transfer material seperti flock, glitter, foil dan bahan yang sifatnya kaku maka hindari ukuran sablon terlalu besar
  3. Buatlah design yang tidak ngeblok walau harus beresiko untuk melakukan cutting secara detil karena langkah ini benar-benar memberikan hasil yang maksimal. Lebih baik kita jual agak mahal sedikit tetapi mampu memberikan layanan cutting detil dibandingkan cutting biasa tetapi tidak memuaskan. Anda bisa melihat salah satu hasil sablon kaos digital transfer paper ronita di link berikut ini KAOS CUTTING DETAIL, bahkan boleh dibilang ini ekstrim. Akan tetapi kaos ini laku kami jual seharga 250rb per pcsnya.
  4. Hindari permainan gradasi warna antara warna kaos dan design, design seperti ini sangat-sangat tidak cocok dengan transfer paper. Design gradasi seperti itu hanya cocok untuk metode sablon manual, sublime atau DTG. Jika anda ingin bermain gradasi seperti itu di transfer paper maka anda harus benar-benar menguasai konsep design secara profesional. Berikut contoh permainan gradasi super rumit dengan teknik sablon digital transfer paper ronita : KAOS GRADASI TRANSFER PAPER

Berikut ini adalah contoh beberapa design yang kurang cocok di sablon dengan transfer paper. Designnya bagus akan tetapi pemilihan metode sablonnya kurang tepat, hal seperti ini biasanya karena ketidakpemahan akan sebuah metode sablon transfer paper. Karena alasan itulah kami membuat artikel ini agar calon konsumen yang ingin menggunakan jasa sablon kaos digital ronita bisa lebih paham sebelum memesan.

 

--------> Contoh Design Kurang Tepat

 

 

Design di atas sangat bagus akan tetapi tidak cocok dengan metode sablon digital berbasis transfer paper dengan alasan sebagai berikut :

  1. Design font yang terlalu kecil akan menyulitkan pengerjaan pada bagian cutting sehingga sangat disarankan membuat design teks kecil di metode sablon digital berbasis transfer paper. Kalo metodenya sublim atau DTG maka penggunaan design teks kecil tidak akan jadi masalah. So hindari design-design font ukuran kecil di sablon digital berbasis transfer paper. Jika anda tetap ingin memakai tulisan kecil di maka sebaiknya gunakan background text yang berbeda warnanya dengan warna kaos dengan catatan tetap dicutting walau tidak dicutting per hurufnya. Contoh kaos berdesign teks yang tepat bisa anda lihat disini 

    sablon kaos digital transfer paper ronita
     
  2. Design over terlalu ngeblok, anda pasti bisa melihat warna hitam antara teks dan gambar wpap di kaos tersebut. Warna hitam ini seharusnya di cutting atau di buang agar hasil sablon tidak ngeblok kota seperti ini. Biasanya hal seperti ini karena yang design pakai photoshop sehingga tidak ada pola cutting untuk membuang warna hitam tersebut. Padahal kalo warna hitam tersebut di buang pasti hasil sablon akan lebih keren dan tidak terkesan seperti tempelan biasa. Lihat contoh sablon ronita berikut ini, walau pun gambarnya besar tapi tidak ngeblok sama sekali : KAOS TIDAK NGEBLOK designnya.

 

--------> Contoh Design Kurang Tepat

 

sablon kaos digital transfer paper

 

Kaos di atas kurang tepat designnya karena bleed atau lebihan warna pada tulisan terlalu besar dan kurang detil. Walaupun kita sudah memberi warna hitam pada design dengan harapan warna hitam tersebut akan sama dengan kaos sehingga tidak kentara. Akan tetapi ketahuilah harapan seperti itu biasanya palsu kalo kita main sablon digital berbasis transfer paper karena warna hitam hasil print bisa dipastikan 99% tidak akan pernah sama dengan warna hitam kaos. Jadi cara paling aman adalah memberi bleed sekecil mungkin atau bila perlu tidak usah ada bleeding sehingga hasil sablon lebih sempurna. Anda bisa melihat hasil kaos berikut yang tanpa bleed dan hasilnya jauh lebih sempurna.

 

hasil sablon kaos transfer paper

 

hasil sablon kaos digital ronita transfer paper

 

--------> Contoh Design Kurang Tepat

 

Ada satu design yang harus benar-benar kita hindari ketika memilih sablon digital transfer paper untuk membuat kaos custom, yaitu design gradasi. Sebenarnya bukan tidak boleh akan tetapi karena design ini termasuk susah maka sebaiknya dihindari kecuali kita sudah mahir nyablon digital berbasis transfer paper. Berikut contoh design yang kurang tepat tentang gradasi :

 

Ndak keren kan gradasinya...ya inilah salah satu contoh konsep yang salah untuk design gradasi menggunakan transfer paper. Oh ya bro, ada satu lagi yang kelupaan contohnya, kalo bisa jangan pakai design seperti berikut pas mau nyablon kaos dengan transfer paper karena hasilnya benar-bener bikin illfil deh kecuali memang kamu gak pa pa ya. Ini contohnya, design-design yang gak keren sama sekali karena hanya kotak tanpa kreasi yang jelas, walau sebagus apapun designnya tapi kalo hanya kotak begitu aja pasti tidak cocok disablon dengan transfer paper.

 

 

 

Oke sob, itulah beberapa contoh design yang tidak cocok untuk disablon dengan metode sablon digital transfer paper. Sebenarnya bisa saja kita akalin akan tetapi memang butuh kemampuan design yang bagus. Jika kamu ingin melihat kumpulan kaos keren yang disablon dengan transfer paper silakan kunjungi link berikut ini KAOS TRANSFER PAPER KEREN.

 

Salam Kreatif

1 Comment(s)

Perayaan Siregar:
29/06/2018, 02:59:18 PM
Reply

Maaf bg blom ngerti soal blessing, apa itu blessing dan bagaimana cara menghilangkannya bg?

Perayaan Siregar:
29/06/2018, 02:59:53 PM

Bleeding bg maksdnya

Leave a Comment