Menyiapkan File Siap Cetak Untuk Kebutuhan Print & Cut

Posted by Ronita 30/11/2016 6 Comment(s) Sablon Digital,Otomotif Digital,Printing Digital,Paket Usaha,

Print & Cut adalah proses cetak dan potong dengan pola khusus, artinya hasil cetakan akan dipotong secara khusus menggunakan mesin sesuai pola yang telah dibuat. Jadi ada dua prinsip kerja yang digabung disini yaitu cetak dan cutting, proses cetak dan cutting bisa dijalankan dalam 1 mesin tetapi bisa juga dijalankan dengan 2 mesin. Untuk yang satu mesin berarti printer atau mesin cetaknya sudah dilengkapi pisau cutter yang bisa memotong sesuai pola. Untuk yang menggunakan 2 mesin berarti mesin cetak dan mesin cutting terpisah dan biasanya mesin cutting sudah dilengkapi dengan sensor optic agar lebih presisi, walaupun bisa juga dilakukan manual tetapi lebih lama prosesnya.

 

Kita tidak akan membahas detil tentang mesinnya karena pembahasan inti kita adalah bagaimana menyiapkan file siap cetak untuk kebutuhan print & cut. Pemahaman ini akan memudahkan anda membuat aneka produk kreatif berbasis cetak digital yang biasanya memerlukan proses print & cut seperti gantungan kunci, sablon kaos digital berbasis transfer paper, sticker die cut, sticker kiss cut, sticker decal mobil dan motor, sticker skin handphone, sticker laptop dan sebagainya. So mari kita bahas secara singkat dan jelas.

 

Untuk bisa membuat file print & cut kita perlu beberapa hal sebagai berikut :

  1. Komputer
  2. Program editing berbasis jpg atau bitmap seperti photoshop
  3. Progam editing berbasis vektor seperti corel atau ilustrator

Jadi siapkan peralatan tersebut agar anda bisa membuat file print & cut secara baik dan benar.

 

Dalam membuat file print & cut ada dua hal yang harus anda pahami yaitu :

  1. Gambar atau Design, gambar atau design bisa anda buat dimana saja dalam bentuk apa saja asal ukuran sesuai kebutuhan dan memiliki resolusi yang cukup sesuai hasil yang kita inginkan. Semakin bagus resolusinya maka semakin bagus hasil cetakannya. Akan sangat bagus jika kita mampu membuat design dalam bentuk vektor karena file vektor tidak akan pecah ketika di cetak di ukuran berapa saja.
  2. Pola potong, pola potong WAJIB VECTOR dan hanya bisa dibuat di program editing berbasis vector karena hampir semua mesin cutting digital menggunakan software berbasis vektor untuk memproses perintah pemotongan. Oleh karena itu design yang tidak dilengkapi dengan pola potong tidak akan bisa dipotong secara otomatis.

 

pola cetak

 

Gambar pembalap itu yang disebut design atau gambar dan bisa dibuat pakai software design apa saja baik yang berbasis bitmap atau vektor. Untuk garis yang berwarna hijau mengelilingi gambar adalah pola potong yang harus dibuat menggunakan basis vektor dan software vektor. Gambar di atas menunjukkan pola potong di luar yang artinya akan ada list putih di luar gambar ketika hasil cetakan di potong. Ada juga yang sistem pola potongnya di dalam gambar yang artinya tidak ada list putih di hasil pemotongan. Contohnya sebagai berikut ini dimana pola potong (garis hijau) berada di dalam gambar item, jadi cetakan di beri lebihan atau bleed agar untuk menghilangkan list putih yang tidak dibutuhkan.

 

pola potong

 

Jika anda memahami dua hal di atas dengan baik maka proses pembuatan file print & cut akan jauh lebih mudah. Rincian prosesnya sebagai berikut :

  1. Siapkan gambar anda dengan design apapun sesuai ukuran asli dan resolusi yang pas. Jika ingin cetak di ukuran 5 cm maka buatlah ukuran design 5 cm juga.
  2. Jika design sudah siap, masukkan ke program editing berbasis vektor semisal corel dengan ukuran tetap sama sesuai dengan ukuran yang mau dicetak. Usahakan gambar atau design yang anda buat di poin satu tadi sifatnya transparan sehingga memudahkan dalam proses pembuatan pola potong.
  3. Setelah gambar/design sudah diimport ke software corel atau ilustrator maka buatlah garis potong sesuai pola yang anda inginkan secara tertutup, artinya pola potong harus berupa line dengan bentuk tertutup mengelilingi design. Jika design yang ingin dipotong bulat maka garis potongnya juga bulat, jika design yang ingin dipotong tak beraturan maka pola potongnya juga tak beraturan tetapi membentuk sebuah garis tertutup.
  4. Jika proses membuat pola potong sudah sesuai maka aturlah layout halaman cetak. Layout cetak adalah layout sesuai ukuran bahan yang biasa dipakai, setiap percetakan memiliki ukuran layout cetak berbeda-beda sesuai ukuran bahannya karena itu sangat penting anda memastikan ke tempat percetakan tersebut agar layout anda sesuai dengan ukuran mereka. Misal di ronita, layout untuk mencetak gantungan kunci adalah 30x40 cm maka gunakan ukuran 30x40 cm untuk layout file anda. Misal untuk sticker vinyl rds di ronita ukuran layoutnya 90x90 cm maka gunakan ukuran layout tersebut. Oke intinya buatlah halaman layout cetak yang rapi, jika sudah maka susunlah design-design yang sudah dilengkapi dengan pola potong tadi sesuai layout, atur semuatnya dan jangan sampai keluar batas layout karena jika keluar batas pasti tidak akan tercetak atau terpotong. Berikut contoh pengaturan ukuran layout cetak di corel, pastikan ukuran layout anda benar biar lebih bagus lagi.

    pola layout
     
  5. Jika semua design sudah diletakkan di dalam layout secara sempurna maka pisahkan design dan pola potong dengan cara membuat 2 halaman atau 2 layer. Misal layer satu untuk design dan layer dua untuk pola potong. Ingat, pola potong tidak boleh berubah posisi dan ukurannya begitu juga posisi design agar nanti hasil potong presisi.
  6. Jika sudah maka simpanlah file anda dalam bentuk editable atau tetap dalam corel atau ilustrator. Jangan di export menjadi JPG atau BITMAP.
  7. Untuk proses pengiriman file agar tidak berat maka gunakan layanan uploader file seperti google drive atau dropbox agar memudahkan untuk mengakses file anda.

Oke itulah proses penyiapan file print & cut siap cetak. Metode pembuatan file ini sama, baik untuk sticker kiss cut, diecut, gantungan kunci dan kaos sablon digital. Intinya hanya design dan pola potong dalam bentuk vector sesuai ukuran yang akan dicetak.

 

Yakinlah bahwa dengan menguasai hal ini orderan anda akan lebih cepat selesai dan tentu hasil cetakan anda akan lebih keren dibandingkan yang standar-standar saja. Hampir semua produk ronita membutuhkan kemampuan pembuatan file print & cut, jadi akan sangat berguna jika anda memahami hal ini karena kami akan bisa mempercepat proses order anda.

6 Comment(s)

Mardani Dani:
01/12/2016, 02:49:26 PM
Reply

Costom stiker vynil..brp gan

Ronita Digital Printing:
23/01/2017, 05:49:06 PM

per m2 mulai 105rb mas tapi file harus siap cetak

wandi ap:
04/01/2018, 04:57:31 PM

gan kalo nyari pola striping helm kyt rc 7 gimana ya ,kebetulan saya ada mesin buat bikin stiker,nah saya mau coba buat striping helm nya ,tolong kasi tau ya gan heheheh

Rudy:
18/01/2017, 08:19:21 AM, www.pabrikjersey.com
Reply

Untuk mesinya apakah Ronita juga menjual... Matur Suwun

Ronita Digital Printing:
23/01/2017, 05:49:26 PM

dear Rudy bisa mas..kita bisa bantu mengadakan mesinnya

Luina:
06/06/2017, 12:00:56 PM, custom.co.id
Reply

Mau dong price list lengkapnya.

Vennessa L:
26/01/2018, 01:46:51 PM
Reply

Berarti klo mw pesan 12 gmbr berarti di gmbr layout hrus ad 12?

gilang ibrahim:
26/09/2018, 11:03:31 PM
Reply

mas jadi gini desain dan ukuran dari saya , kalau cetak nya berapa harga nya mas

BILLYAN HELSYAHDANI:
17/05/2019, 04:38:14 AM
Reply

om, bisa bikinin vektor striping cbr250rr ga?

Leave a Comment