STICKER HOLOGRAM RONIta

Posted by Ronita 08/01/2022 1 Comment(s) Printing Digital,

Sticker Hologram adalah sticker yang memiliki warna seperti pelangi terutama ketika terkena cahaya, biasanya warna dasarnya silver chrome atau transparan. Yang biasa digunakan di dunia printing digital adalah hologram dengan dasar silver, sedangkan yang transparan biasa digunakan di cetak scurity guard. Di ronita sendiri bahan utamanya untuk sticker hologram adalah sticker hologram dengan warna dasar silver chrome seperti ini :

 

 

Sebelum lanjut ke pembahasan lebih detil maka saya ingin informasikan bahwa pembahasan sticker hologram disini yang khusus untuk cetak digital ya sob. Bukan sticker hologram yang untuk security printing karena ronita belum punya pengalaman di bidang tersebut, nanti daripada salah maka kita bahas materi yang sudah kita kuasai saja.

 

JENIS STICKER HOLOGRAM

Jika dilihat dari face materialnya maka sticker hologram yang tersedia dipasaran bisa kita bagi menjadi dua yaitu vinyl dan poliester. Untuk jenis vinyl sifatnya lebih lentur atau bisa ditarik dalam batas tertentu, sedangkan untuk jenis poliester sifatnya kaku atau tidak elastis. Poliester biasanya lebih untuk label sedangkan vinyl bisa lebih fleksibel karena bisa untuk label, decal maupun sticker lainnya. Jenis vinyl juga lebih mudah diprint dibandingkan yang poliester sehingga di kalangan digital printing sticker hologram jenis vinyl lebih banyak dipakai.

 

Untuk jenis sticker hologram vinyl terbagi menjadi tiga sob biasanya 

  1. Monomeric, paling kaku dan tebal sehingga hanya cocok untuk permukaan datar
  2. Polimeric, lebih tipis dan lebih elastis sehingga bisa lebih banyak aplikasinya
  3. Cast, paling tipis sekitar 50 mikron dan paling lentur, khusus untuk wrapping mewah biasanya

Ketiga jenis tersebut sangat mempengaruhi harga jadi sobat ronita harus pandai memilihnya, untuk ronita sendiri lebih fokus ke bahan sticker hologram jenis polimeric karena lebih masuk ke konsumen ronita baik untuk label atau decal. Untuk bentuknya sendiri ada yang roll dan ada yang lembaran. Untuk yang roll biasanya dipakai di mesin cetak large format sedangkan yang lembaran di mesin digital offset.

 

MESIN CETAK STICKER HOLOGRAM RONIta

Kami menggunakan 3 jenis printer untuk mencetak sticker hologram yang kami punya sob, mesin tersebut adalah mesin roll to roll dan mesin digital offset. Untuk mesin roll to roll terdiri dari printer ecosolvent dan printer uv, sedangkan untuk digital offset kami menggunakan printer toner.

  1. Mesin Printer Ecosolvent S80670
    Mesin printer ini menggunakan tinta transparan 9 warna sehingga ketika untuk mencetak sticker hologram maka tintanya akan mencampur atau blending menimbulkan efek metallic yang keren. Misal kalo sobat ronita mencetak warna merah maka hasilnya akan menjadi merah metallic hologram, jika mencetak warna kuning maka akan menjadi warna gold hologram. Karena sifat tinta yang menyatu dengan warna bahan itulah printer ini sangat favorit untuk mencetak sticker hologram. Hanya saja sayangnya printer ini tinta putihnya masih sangat mahal sehingga jarang digunakan dan daya tutup putihnya juga kurang bagus.


     
  2. Mesin Printer UV Gell Xenons X3
    Mesin printer uv ini menggunakan tinta uv gell atau tinta uv yang diberi minyak sehingga hasil cetaknya lebih glossy jika dibandingkan printer uv biasa. Oleh karena hasilnya yang glossy itulah printer uv gell ini kita sukai karena hasilnya bisa mendekati ecosolvent tetapi kekuatannya sama seperti printer uv biasa.



    Tinta uv ini sifatnya juga menyatu dengan bahan walau tidak sekuat  tinta eco dan kerennya tinta uv memiliki tekstur seperti kulit jeruk sehingga hasil cetakannya terlihat lebih mewah jika menggunakan bahan sticker chrome. Apalagi tinta putih uv mampu memblocking efek hologram bahan sehingga kita bisa berkreasi lebih banyak terutama untuk membuat sticker yang sebagian biasa sebagian ada efek hologramnya.
     
  3. Mesin Printer Toner Konica Minolta 1060
    Cetak sticker hologram menggunakan printer toner atau mesin digital offset menurut kami paling tidak menyatu, artinya toner yang tercetak di bahan tidak menyatu atau lebih tepatnya memblock warna hologram bahan, sehingga jika kita cetak merah hasilnya cenderung akan merah saja tanpa ada efek hologramnya. Oleh karena itu biasanya printer ini hanya cocok untuk mencetak sticker hologram yang lebih banyak mengandalkan warna bahan daripada warna cetakannya sendiri. Akan tetapi memang printer ini paling murah biaya cetakanya sehingga lebih banyak untuk dibuat label.

 

MEMOTONG STICKER HOLOGRAM

Sticker hologram sangat bagus kalo dipotong secara diecut, potong diecut itu sticker dipotong putus sesuai bentuknya. Dengan memotong diecut maka sticker lebih terlihat keren dibandingkan pemotongan kiss cut. Pemotongan kiss cut adalah pemotongan yang hanya memotong bagian face material stickernya saja.

  1. Contoh Pemotongan Sticker Hologram Diecut
     


    Pemotongan die cut terlihat lebih keren sehingga sangat cocok untuk souvenir, sticker promosi, sticker laptop, sticker handphone atau bisa juga untuk tag mewah dari produk kamu
     
  2. Contoh Pemotongan Sticker Hologram Kiss Cut
     

    Pemotongan secara kiss cut seperti ini biasanya lebih cocok untuk sticker label dan sticker decal

 

STICKER HOLOGRAM + TINTA PUTIH

Salah satu kreasi yang banyak digunakan oleh para pembuat sticker kelas atas adalah menggunakan tinta putih ketika mencetak sticker hologram. Tujuan dari pemakaian tinta putih ini untuk membuat efek hologram tertetup sebagian sehingga akan ada bagian sticker yang tetep hologram tetapi juga ada bagian yang seperti sticker biasa.

 

Proses designnya tentu lebih rumit ya sob, dimana kita harus membuat layer putih sesuai dengan kebutuhan kita, contoh pembuatan file untuk sticker hologram dengan tinta putih bisa kamu cek di video berikut :

 

 

Di video tersebut salah satu contohnya adalah sticker tengkorak dimana yang kita buat tetap hologram adalah bagian mata, sedangkan bagian lainnya kita tutup hologramnya sehingga seperti sticker biasa. Jadi secara keseluruhan ketika terkena cahaya maka bagian mata akan terlihat lebih hidup.

 

Sedangkan untuk contoh satunya adalah gambar robot, dimana pada gambar robot ini kita kasih tinta putih di bagian bajunya sedangkan lainnya tetap hologram. Warna putih membuat sticker terlihat lebih unik. Efek pemakaian tinta putih disini juga membuat gambar terihat lebih 3D sob.

 

 

Jadi pemakaian tinta putih di sticker hologram ini memang bukan untuk full blocking ya sobat ronita, akan tetapi sifatnya hanya menutup sebagian agar bisa menghasilkan efek non hologram yang akan berpadu dengan efek hologram bahan. Makin jago designnya tentu akan semakin bagus hasilnya.

 

STICKER HOLOGRAM + RESIN

Untuk membuat sticker hologram lebih menarik maka kita bisa juga menambahkan resin sebagai finishing sehingga kita akan mendapatkan sticker yang super glossy dengan efek 3D serta tentu efek hologram dari bahan itu sendiri.

 


 

 

Resin yang biasa kita pakai adalah jenis lentur atau soft sobat ronita bukan resin keras sehingga ketika kering hasilnya teta lentur seperti gell.

 

 

1 Comment(s)

David Oktarevia:
04/05/2022, 02:38:47 AM
Reply

Apakah ketebalan cetak hologram warna bisa diatur sesuai dgn warna hasil scanning?

Leave a Comment